Sebelum Lebaran, Pemkab Muara Enim Akan Bagikan Paket Sembako ke Warga Terdampak Corona

Rakor Pemkab Muara Enim, Senin (4/5/2020).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim akan membagikan paket sembako untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 sebelum Idul Fitri.

Hal ini disampaikan Plt Bupati Muara Enim Juarsah, Senin (4/5/2020), dalam rapat evaluasi kinerja Percepatan Penanganan Covid-19 di ruang rapat Serasan Sekundang, kantor Pemkab Muara Enim.

Baca Juga:

“Paket sembako yang kita programkan mudah-mudahan sebelum hari Raya Idul Fitri 1441 hijriah sudah di distribusikan kepada masyarakat,” kata Juarsah.

Juarsah mengatakan, semua masyarakat Muara Enim akan mendapatkan paket sembako yang terdiri dari beras 10 kg, minyak 1 kg, gula 1 kg, gandum 1 kg, dan kecap manis 1 botol.

“Semua yang terkena dampak akan mendapatkan bantuan ini kecuali ASN, TNI dan Polri, serta masyarakat yang dianggap mampu. Saya minta kepada OPD lurah dan desa, betul-betul mendata warganya. Dipastikan menerima, sehingga ke depan tidak ada lagi laporan masyarakat yang tidak menerima bantuan,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemkab Muara Enim Hasanuddin menambahkan, sembako untuk masyarakat ini direalisasikan melalui dana APBD. Dalam penggunaanya, Pemkab melakukan dengan asas ke hati-hatian agar tidak memunculkan permasalahan dikemudian hari.

Pemkab Muara Enim, kata dia, mengandeng Kejaksaan dan Kepolisian dalam pengawasan dana Covid-19 ini. Namun tidak ada laporan secara resmi tertulis dari Kemensos, Pemda mengharuskan mengelola sendiri dalam bentuk bantuan sembako kepada masyarakat.

“Pemerintah pusat hanya sekedar lisan saja ketika video conference, mengizinkan Pemda mengelola dana APBD, tidak ada hitam di atas putih. Untuk itu kita selalu gunakan asas kehati-hatian agar ke depan tidak menimbulkan masalah,” pungkasnya.