Rapid Test, Tiga Tenaga Medis RSUD HM Rabain Positif Covid-19

Rapid test tenaga medis di RSUD HM Rabain Muara Enim, Senin 94/5/2020).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Jumlah tenaga medis di RSUD HM Rabain Muara Enim positif Corona, Senin (4/5/2020), kembali bertambah. Tim Gugus Tugas Covid-19 Muara Enim melakukan rapid test masal tenaga medis di RSUD Rabain Muara Enim.

Setelah sebelumnya ada dua orang paramedis positif Corona hasil rapid test massal, terbaru bertambah 1 orang lagi dinyatakan positif Covid-19. Tenaga medis yang dinyatakan positif Corona ini langsung menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Rabain Muara Enim.

Baca Juga:

“Sejak ditetapkannya pasien nomor 60 positif Covid-19, kita langsung melakukan rapid test periode 3 April – 2 Mei 2020 terhadap 223 tenaga medis, hasilnya dua orang positif Covid-19 dan 147 negatif,” terang Jubir Gugus Tugas Covid-19 Muara Enim Panca Surya Diharta, Senin (4/5/2020).

Kemudian, rapid test kedua kembali dilakukan, didapat tiga orang positif Covid -19 dan 71 negatif.

“Hasil rapid test kedua ini 3 orang tenaga medis positif Covid -19 sedangkan 71 lainnya negatif yang berasal dari RSUD HM Rabain Muara Enim, Puskesmas Tebat Agung, Puskesmas Pulau Panggung, Puskesmas Muara Emburung, Puskesmas Gunung Megang dan Puskesmas Sumaja Makmur,” lanjutnya.

“Dari keseluruhan hasil rapid test hanya tenaga medis dari RSUD HM Rabain yang hasilnya positif Corona,” kata dia. Menurut Panca, pihaknya akan melakukan tes kembali 10 hari mendatang¬† untuk mengetahui perkembangan berikutnya.

“Pasien yang positif ini akan dilakukan rapid test kembali 10 hari ke depan dan selama menunggu pasien diisolasi. Sample dahak juga sudah dikirim ke Palembang untuk pemeriksaan swab. Jika hasil swabnya positif, pasien dan anggota keluarganya akan langsung diisolasi serta melakukan tracking untuk menghindari penyebarannya,” jelas Panca.

Sejauh ini lanjut Panca,  pemantauan terhadap orang yang masuk ke Kabupaten Muara Enim dari daerah terjangkit telah dilakukan sejak tanggal 30 Januari Р2 Mei 2020.

Hasil pemantauan sebanyak 292 ODP dengan rincian di puskesmas sebanyak 262 orang, 249 orang telah selesai pemantauan dengan kondisi sehat,13 orang masih dalam masa pemantauan dan isolasi di rumah.

Sementara di RSUD HM Rabain sebanyak 30 orang, dengan rincian 18 orang selesai pemantauan dan dalam kondisi sehat dan 12 orang masih dalam pemantauan di rumah sakit.

Untuk OTG seluruhnya di Muara Enim berjumlah 175 orang dengan rincian di puskesmas sebanyak 66 orang dan telah selesai pemantauan dengan kondisi sehat sebanyak 45 orang, sedangkan masih dalam proses pemantauan sebanyak 21 orang.

“Di RSUD HM Rabain sebanyak 88 orang selesai pemantauan 73 orang dan masih dalam pemantauan pihak rumah sakit sebanyak 15 orang,” imbuh Panca.