Resmikan Posko Covid-19, Sekda Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Posko pengendalian dan pencegahan Covid-19 Kabupaten Muara Enim di Pasar Inpres Muara Enim.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Hasanuddin meresmikan posko pengendalian dan pencegahan Covid-19 Kabupaten Muara Enim di Pasar Inpres Muara Enim, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Kamis (15/7/2020).

Sekda menyampaikan posko ini dibentuk untuk mengintensifkan sosialisasi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah kota Muara Enim.

Berita Lainnya:

“Posko ini dibentuk untuk lebih mengintensifkan sosialisasi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkap Hasanudin.

Saat ini, kata dia, angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Muara Enim masih menunjukkan tren meningkat. Sampai tanggal 14 Juli kemarin tercatat pasien positif Covid-19 berjumlah 102 dan 3 orang meninggal dunia.

“Dari angka tersebut masih berkemungkinan untuk meningkat, sebab sampel swab yang dikirim masih cukup banyak, hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan,” ujarnya.

Menurut Hasanuddin, Pasar Inpres Muara Enim dipilih sebagai lokasi posko karena merupakan pusat keramaian yang berpotensi menjadi daerah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Muara Enim.

“Pasar merupakan sentral keramaian yang berpotensi menyebarkan virus corona ini. Apalagi Kecamatan Muara Enim dan Kecamatan Lawang Kidul. Salah satu penyebab masih tingginya angka penularan covid 19 di Kabupaten Muara Enim,” jelasnya.

Tingginya penyebaran Covid 19 di Kabupaten Muara Enim, lanjut dia, disebabkan masih rendahnya kepedulian masyarakat mematuhi protokol kesehatan terutama protokol 3 M.

“Masyarakat agar selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” terangnya.

Dengan adanya posko ini, harapannya menjadi pusat kendali penyebaran Covid-19 di Kecamatan Muara Enim terutama di lingkungan pasar.

Para petugas posko terdiri dari unsur Tni-Polri, BPBD, Satpol PP dan OPD terkait. Mereka memberikan edukasi kepada masyarakat terutama para pedagang tentang protokol kesehatan.

“Kita harapkan agar para petugas dapat menghimbau kepada masyarakat bila perlu diberikan sedikit penekanan tentang protokol kesehatan, walaupun tidak juga terlalu keras seperti yang kita lihat di India,” imbuh dia.

Sementara itu, Dandim 0404/Muara Enim melalui Kasdim Mayor (Inf) Sugeng menyampaikan agar posko ini tidak sebagai simbolis saja. Dia meminta agar para petugas yang siaga di posko ini untuk dapat melakukan patroli keliling di pasar.

“Untuk para petugas menjadwalkan keliling di pasar terutama saat ramai untuk menghimbau protokol kesehatan di masyarakat,” ujarnya.