Hadapi Karhutla, Plt Sekda Instruksikan Posko Siaga di Kecamatan Kembali Diaktifkan

Plt Sekretaris Daerah Muara Enim Emran Tabrani

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Plt Sekretaris Daerah Muara Enim Emran Tabrani meminta meminta semua posko siaga karhutla segera diaktifkan. Hal tersebut disampaikan Emran usai mengikuti rapat koordinasi tingkat nasional karhutla yang diselenggarakan secara virtual bersama Presiden Joko Widodo, Senin (22/2/2021), dari kantor Bappeda Muara Enim.

Menurut Emran, tahun lalu di Kabupaten Muara Enim terdapat 8 posko siaga karhutla. Sebanyak 3 Posko di kawasan lahan gambut di Kecamatan Muara Belida, Gelumbang dan Sungai Rotan.

Baca Juga: Pemprov Sumsel Siapkan Regulasi Tertibkan Tambang Ilegal

Kemudian 5 Posko di kawasan lahan organik di Kecamatan Rambang, Belimbing, Gunung Megang, Tanjung Agung dan Semende Darat Tengah.

“Untuk itu saya meminta semua posko tersebut segera diaktifkan, termasuk kesiapan para petugas lapangan dan peralatan seperti mesin pompa, selang maupun wadah penampung air,” ujarnya.

Baca Juga: Tekan Laju Penyebaran Covid-19, Koramil 404-06 Muara Enim Sosisalisasi Prokes

Menurut Emran, dalam menghadapi karhutla Pemerintah Kabupaten Muara Enim bersama dengan unsur lembaga pemerintah lainnya siap melaksanakan instruksi Presiden RI Joko Widodo.

“Pemkab Muara Enim siap menghadapi apapun bentuk bencana termasuk Kkarhutlah di musim kemarau mendatang. Kita siapkan satgas karhutla bersama pemangku kepentingan lainnya dalam hal ini Forkompimda terkhusus TNI dan Polri,” ujar dia.

Baca Juga: Polisi Amankan Ibu Rumah Tangga yang Edarkan Sabu di Muara Enim

Selain itu, Emran menekankan agar semua pihak juga mensosialisasikan kepada masyarakat terkait larangan membuka lahan dengan cara membakar.

“Sosialisakan melalui camat, tokoh masyarakat untuk melarang masyarakat membuka lahan dengan cara membakar. Kemudian konsolidasi dari camat serta Forkopincap bersama elemen lainnya untuk mempersiapkan segala sarana dan prasarana menghadapi musim kemarau yang diperkirakan akan masuk pada awal bulan Mei mendatang,” urainya.

Baca Juga: Dugaan Kasus Korupsi Jalan, Kejari Muara Enim Tahan ASN Dinas PUPR

Emran juga menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim beserta dinas/instansi terkait, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan para Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) segera siaga dan menginventarisir perlengkapan dengan berkoordinasi bersama tim gabungan dari TNI, Polri dan perusahaan.