Disdikbud Provinsi Sumsel Dorong Sekolah Terapkan Kurikulum Cambridge

Widodo, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM – Untuk wujudkan pendidikan berkelas dunia di Sumatera Selatan, Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel mendorong sekolah-sekolah di Sumsel agar menerapkan kurikulum Cambridge.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo, program dalam kurikulum tersebut memberikan beberapa keunggulan bagi lulusannya, diantaranya lancar berbahasa Inggris, berkesempatan kuliah di kampus ternama di dunia, memiliki wawasan internasional dan bisa mencicipi pendidikan yang lebih modern.

“Kurikulum Cambridge mempersiapkan pelajar untuk sukses di masa depan, terutama menghadapi masyarakat global. Dan tentunya kurikulum yang ditawarkan Cambridge tetap memperhatikan aspek kelokalan yang dimiliki Indonesia,” sebut dia, di sela acara pelantikan pengurus MKKS SMA dan SMK Kabupaten Muara Enim beberapa hari lalu.

Untuk Sumsel, sambung Widodo, sekolah yang sudah menyatakan siap terhadap kurikulum ini adalah SMA Negeri 1 Palembang dan SMA Negeri 17 Palembang.

“Saya berharap kedepannya SMA Negeri 1 Muara Enim juga siap menerapkan kurikulum ini. Kemudian berlanjut ke sekolah unggulan lainnya,” pungkasnya.

Widodo mengatakan, tantangan dalam implementasi kurikulum Cambridge terletak pada dana operasionalnya. Sekolah yang menerapkan kurikulum tersebut tidak bisa masuk dalam pos anggaran program sekolah gratis (PSG) maupun bantuan operasional sekolah (BOS).

“Jadi orang tua murid dan sekolah harus secara mandiri mengelola dan membayar biaya operasionalnya,” terangnya.

Adapun manfaat menerapkan kurikulum Cambridge, siswa bisa langsung masuk ke perguruan tinggi yang berafiliasi dengan Cambridge tanpa tes, selanjutnya dibebaskan 30 SKS mata kuliahnya.

“Jadi kalau mahasiswa biasanya baru lulus kuliah empat tahun. Lulusan sekolah yang menerapkan kurikulum Cambridge cukup tiga tahun, karena 30 SKS pertama dibebaskan,” lanjutnya.

Jika banyak sekolah yang sudah menerapkan kurikulum ini, Widodo mengatakan keuntungan bagi Sumsel yaitu mampu mencetak SDM yang berkelas dunia, sehingga diharapkan 20 tahun yang akan datang bisa mengisi pos-pos penting di tingkat nasional maupun internasional.

“Karena majunya Indonesia atau khususnya Sumsel 20 tahun mendatang tergantung hari ini,” pungkas Widodo.