PTBA – PT KAI Tandatangani Perjanjian Pengembangan Angkutan Batubara

Penadatanganan perjanjian kerja sama PTBA dan PT KAI tentang pengembangan angkutan batubara kereta api jalur Tanjung Enim Baru-Prajin dan Jalur Tanjung Enim Baru-Tarahan.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — PT Bukit Asam Tbk dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menandatangani perjanjian kerangka kerjasama pengembangan angkutan batubara kereta api jalur Tanjung Enim Baru-Prajin dan Jalur Tanjung Enim Baru-Tarahan (Second Line), rencana jangka panjang (RJP) angkutan batubara 2018 – 2027.

Penandatanganan ini dilakukan Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin dan Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro pada acara perayaan HUT PT KAI yang ke-73 di Pusdiklat PT KAI Bandung, Sabtu (29/9/2018) kemarin.

Sekretaris Perusahaan PTBA Suherman mengatakan, melalui perjanjian ini, sasaran strategis yang akan dicapai adalah peningkatan angkutan batubara dalam kurun waktu 2018-2027.

Menurut dia, rencana pengembangan kapasitas angkutan batubara Tanjung Enim Baru – Prajin dan Tanjung Enim Baru – Tarahan (second line) akan menambah total kapasitas angkutan batubara menjadi 60 juta ton per tahun yang direncanakan beroperasi mulai tahun 2023.

“Nantinya angkutan batubara jalur Tanjung Enim Baru – Prajin memiliki kapasitas minimal 10 juta ton per tahun dan jalur Tanjung Enim Baru – Tarahan (second line) memiliki kapasitas minimal 20 juta ton pertahun. Kedua jalur tersebut kini sedang memasuki tahap studi kelayakan dan mulai beroperasi di tahun 2023,” terangnya.

Suherman menerangkan, saat ini PTBA dan PT KAI telah mengoperasikan angkutan batubara jalur Tanjung Enim – Tarahan dengan kapasitas 25 juta ton per tahun dan jalur Tanjung Enim – Dermaga Kertapati dengan kapasitas 5 juta ton pertahun,

Sehingga lanjut dia, pada tahun 2023, angkutan batubara akan memiliki total kapasitas 60 juta ton per tahun.

“Untuk menunjang kelancaran jalannya pengembangan kapasitas angkutan batubara, PTBA dan PT KAI bersepakat membentuk tim bersama untuk melakukan studi kelayakan pengembangan angkutan batubara untuk kedua jalur baru ini,” tutupnya.