Dorong Perekonomian Warga, PT Bukit Asam Salurkan Bantuan di Sumbar

PTBA mendistribusikan bantuan ke tiga daerah di Sumatera Barat untuk mendorong perekonomian masyarakat lokal. (Foto: Bukit Asam)

PALUGADANEWS.com, JAKARTA — PT Bukit Asam Tbk mendistribusikan bantuan ke beberapa daerah di Sumatera Barat untuk mendorong perekonomian lokal.

Bantuan yang diberikan yaitu pompa air tenaga surya untuk irigasi di Desa Talawi, Sawahlunto; pembangunan jembatan Lintau Buo di Kabupaten Tanah Datar, dan penyerahan bus operasional sekolah di Kabupaten Agam.

Pemberian ketiga bantuan itu dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin kepada kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, disaksikan langsung oleh warga pemangku adat Sawahlunto, serta Wali Nagari Lintau Buo di Desa Talawi, Kota Sawahlunto.

Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin mengatakan bantuan pompa air tenaga surya yang diberikan oleh Bukit Asam itu mampu mengairi sawah seluas 50 hektar di Desa Talawi.  Pembangunan pompa air yang memanfaatkan energi dari matahari sendiri
telah dimuai sejak Maret 2018 dan telah selesai September 2018 lalu.

“Sebelum ada pompa air untuk irigasi, persawahan masyarakat menggunakan sistem tadah hujan dimana masyarakat hanya mengandalkan hujan untuk pengairannya,” kata Arviyan melalui keterangan tertulisnya, Senin (8/7/2019).

Dengan adanya irigasi dengan pompa air ini, diharapkan masyarakat dapat melakukan masa tanam hingga 3 kali dalam setahun atau meningkat dari sebelumnya yang hanya 1 kali tanam dalam setahun saat menggunakan sistem tadah hujan.

Selain itu, Bukit Asam juga menyampaikan bantuan pembangunan Jembatan Lintau Buo di Kabupaten Tanah Datar yang terputus akibat banjir bandang Oktober 2018 lalu. Kini masyarakat Desa Situgal dan Desa Kotu Niur dapat kembali terhubung seiring dengan Jembatan Lintau Buo yang telah selesai dibangun kembali.

Dalam bidang pendidikan, Bukit Asam juga menyampaikan bantuan berupa 1 buah bus operasional sekolah kepada SMP Negeri 1 Tilatang Kamang di Kabupaten Agam. Harapanya, adanya bantuan tersebut dapat membantu kegiatan operasional sekolah serta kegiatan belajar mengajar.