Ratusan Pebalap Ikut Dalam Motocross Muara Enim Championship 2019

175 pebalap dari berbagai daerah di Sumsel dan provinsi di Sumatera mengikuti Motocross Muara Enim Championship 2019  di Sirkuit PTBA, Tanjung Enim, Minggu (1/12/2019).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar Motocross Championships 2019 di sirkuit PTBA, Minggu (1/12/2019). Kejuaraan ini merupakan rangkaian Colorful Festival 2019 dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Muara Enim ke-73.

Kejuaraan ini diikuti 175 pebalap dari berbagai kabupaten di Sumsel dan beberapa provinsi lainnya seperti Muara Enim, Lahat, Kabupaten PALI, Prabumulih, OKU, OKI, OI, Empat lawang, Lubuk Linggau, dan dari kota Pagar Alam. Beberapa pebalap dari Provinsi Lampung, Bengkulu, dan Provinsi Bangka Belitung juga turut serta dalam kejuaran ini.

Sekretaris Daerah Muara Enim Hasanuddin dalam sambutannya sekaligus membuka kejuaraan berpesan kepada para peserta agar menjaga sportifitas dan kebersamaan diantara para crosser. Kepada para pemenang diharapkan untuk meningkatkan prestasi.

“Ke depan sirkuit yang ada ini diharapakan bukan hanya kegiatan di tingkat lokal dan provinsi saja tetapi bisa diadakan kejuaraan tingkat nasional di sirkuit yang menjadi kebanggaan ini,” ujarnya.

Ketua panitia kejuaraaan Riswandar yang juga merupakan Kepala Dinas Perhubungan Muara Enim menyampaikan kompetisi ini selain untuk mencari pembalap muda yang berbakat, juga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional di Kabupaten Muara Enim.

“Tujuan digelarnya kejuaraan ini adalah untuk mengenalkan olahraga balap motor dan menyediakan sarana prasarana untuk menyalurkan hobi dan bakat generasi muda pencinta olahraga balap motor di Kabupaten Muara Enim, mempromosikan kota sebagai kota wisata Kabupaten Muara Enim dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan menumbuhkan kreativitas rakyat Kabupaten Muara Enim,” terang Riswandar.

Para pebalap ini selain mendapatkan trofi juga akan mendapatkan uang pembinaan jutaan rupiah, dan satu unit sepeda motor masing-masing untuk juara umum open dan lokal.

“Hadiah yang didapat untuk juara I sebesar Rp 1.500.000, juara II sebesar Rp1.250.000, juara tiga sebesar Rp 1.000.000, juara ke IV Rp 750.000, dan juara lima Rp 500.000,’. Sedangkan, untuk juara umum open dan juara umum lokal akan diberikan masing-masing 1 unit motor,” urainya.

Selain didanai APBD, lanjut Riswandar, kegiatan ini juga mendapat dukunggan dana CSR dari PTBA, PT TeL PP, PT SBS, Bank Sumsel Babel dan beberapa perusahaan lainya.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh sponsor, dan kepada segenap panitia yang telah bekerja keras mensuksekan kegiatan ini, sehingga kegiatan ini dapat berjalan tanpa halangan apapun,” tutup Riswandar.