Gubernur Sumsel Pastikan Pemeriksaan Laboratorium Pasien Covid-19 Gratis

(Foto: ilustrasi)

PALUGADANEWS.com, PALEMBANG – Gubernur Sumsel Herman Deru memastikan pemeriksaan laboratorium terkait wabah virus Corona bagi masyarakat Sumsel tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Deru mengatakan, masyarakat yang melakukan pemeriksaan laboratorium akan dilayani dengan baik dan sesuai prosedur.

“Jadi bagi masyarakat Sumsel yang menjalani pemeriksaan laboratorium, positif atau negatif corona hasil laboratoriumnya, semuanya gratis karena sudah ditanggung oleh pemerintah,” kata dia, Selasa (14/3/2020).

Baca Juga:

Namun, Deru juga meminta masyarakat agar menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih, mengenakan masker dan menjaga jarak.

“Namun bila nantinya ada warga yang merasa mengalami gejala demam, batuk kering atau flu dan berkeinginan untuk memeriksakan diri diupayakan melalui prosedur yang sudah ada. Seperti berobat ke dokter yang telah ditunjuk oleh BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Jika hasil pemeriksaan yang bersangkutan ada gejala corona, dokter akan merujuk ke fasilitas kesehatan terdekat baik puskesmas atau rumah sakit milik pemerintah maupun rumah sakit swasta.

“Setelah diperiksa, nanti bisa dipastikan apakah perlu diperiksa laboratorium atau tidak. Jika hasil pemeriksaan di faskes atau rumah sakit pasien dicurigai corona. Maka pasien akan digratiskan dari biaya laboratorium. Ini berlaku untuk pasien positif atau negatif corona,” tuturnya.