Pemkab Muara Enim Siapkan RS Sementara untuk Isolasi ODP Corona

Plt Bupati Muara Enim saat meninjau persiapan rumah sakit sementara untuk pasien Corona di asrama haji di kawasan Islamic Center, Muara Enim

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM –  Pemerintah Kabupaten Muara Enim sedang menyiapkan rumah sakit sementara untuk menangani pasien Corona atau Covid-19. Rumah sakit sementara akan menempati gedung asrama haji di kawasan Islamic Center, Kota Muara Enim.

Plt Bupati Muara Enim Juarsah saat meninjau lokasi rumah sakti, Kamis pekan lalu mengatakan, rumah sakit sementara itu sengaja tersebut disiapkan untuk mengantisipasi jika ada pasien yang diduga terserang virus Covid-19.

“Jika orang dalam pengawasan dan positif Corona -19) bisa segera cepat ditangani,” tutur Juarsah.

Baca Juga:

Juarsah meminta kepada dinas terkait segera merampungkan rumah sakit sementara tersebut sehingga bisa digunakan untuk memberikan perawatan dan pelayanan maksimal kepada warga yang diduga terserang virus Covid-19.

Dihubungi Palugadanews.com, juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Kabupaten Muara Enim Panca Surya Diharta menyampaikan, rumah sakit sementara tersebut saat ini sedang dalam persiapan.

“Sejumlah fasilitas seperti peralatan kesehatan, tempat tidur, dan kebutuhan pendukung lainnya sedang disiapkan, ruang isolasi sementara ODP untuk persiapan apabila keadaan sudah tidak dapat diatasi oleh rumah sakit yang telah disiapkan,” kata Panca, Rabu (1/4/2020).

Ada 30 ruangan untuk 60 pasien ODP dan 1 kamar khusus tim medis pemantau yang disiapkan di rumah sakit sementara tersebut. Diharapkan, dengan rumah sakit darurat ini akan mendukung RS HM Rabain.

Sementara di RS HM Rabain, Pemkab Muara Enim juga menyiapkan 9 ruangan khusus berikut tim dokter dan perawat untuk pasien dalam pemantauan (PDP).