Dandim 0404 Muara Enim Minta TNI Jaga Netralitas dalam Pilkada PALI

Gelar pasukan pengamanan Pilkada Kabupaten PALI, Minggu (6/9/2020).

PALUGADANEWS.com, PALI – Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari menekankan kepada seluruh anggota TNI untuk menjaga netralitasnya pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada 9 Desember mendatang.

Hal tersebut disampaikan Erwin saat memberikan arahan dalam gelar pasukan pengaman pilkada Kabupaten PALI, Minggu (6/9/2020), di lapangan Koramil 404-03/PALI.

“Pada pelaksanaan Pilkada PALI 9 Desember mendatang setiap prajurit TNI wajib bersikap netral yaitu tidak berpihak, tidak ikut, atau tidak membantu salah satu pihak dan tidak memberikan dukungan dalam bentuk apa pun kepada salah satu paslon,” tegasnya.

Baca Juga:

Netralitas TNI, lanjut dia, badalah bentuk dari reformasi intelijen TNI agar tetap bersikap netral dalam tatanan politik.

“Netralitas TNI merupakan reformasi Internal TNI, TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.  TNI tidak boleh berpolitik baik praktis maupun simpatisan,” lanjutnya.

Erwin mengatakan, selain memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam pilkada PALI mendatang diharapkan terciptanya pemahaman masyarakat tentang netralitas TNI dalam kebebasan masyarakat memberikan hak pilihnya secara langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber) serta jujur dan adil (Jurdil).

“Harapan kita akan terciptanya pemahaman masyarakat tentang netralitas TNI dalam kebebasan masyarakat dalam memberikan hak pilihnya di Pilkada PALI Pali Luber dan Jurdil, serta terciptanya citra positif TNI di masyarakat dalam menjaga nama baik perorangan maupun kesatuan khususnya TNI terkait Pilkada PALI 9 Desember mendatang,” pungkasnya.