Tenaga Kesehatan di Muara Enim Penerima Vaksin COVID-19 Pertama Kali

Vaksin Covid-19 tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu (6/12/2020) (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim akan memperioritaskan tenaga kesehatan menerima vaksin Covid-19. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Sumber Daya Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Slamet Oku Asmana.

“Yang akan terlebih dahulu dilakukan vaksinasi COVID -19 di Kabupaten Muara Enim yaitu Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN tenaga kesehatan (Nakes),” kata Slamet kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (4/1/2021).

Baca Juga:

Namun demikian kata dia, Dinkes Muara Enim belum mengetahui jumlah kuota vaksin yang didapatkan Kabupaten Muara Enim, karena masih menunggu hasil dari pusat.

“Kami sudah laporkan dan saat ini sudah berjalan 92 persen,terdata ada 3.145 nakes, dan itu akan terus bertambah hingga terdata 100 persen,” ungkapnya.

Slamet mengatakan kenapa tenaga kesehatan terlebih dahulu di vaksin COVID-19, karena mereka merupakan garda terdepan dalam melawan wabah pandemi ini. “Para tenaga kesehatan ini adalah adalah garda terdepan melawan wabah Covid-19,” jelasnya.

Menurut dia, ada syarat khusus bagi nakes yang akan di vaksin COVID-19 nantinya, yaitu harus sehat dan bugar jasmani. “Untuk nakes lagi hamil/menyusui dan lagi sakit, akan kita tunda vaksinasinya,” ujar dia.

“Terkait vaksinasi ini kita tunggu saja. Kemungkinan Muara Enim dapat di gelombang kedua vaksin tersebut, yang jelas untuk untuk saranan pendukungnya kami sudah siap,” pungkasnya.