Herman Deru Jadi Orang Pertama di Sumsel Disuntik Vaksin COVID-19

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menjadi orang pertama di Sumsel yang disuntik vaksin Covid-19. (Foto: sumselprov.go.id)

PALUGADANEWS.com, PALEMBANG – Herman Deru menjadi orang pertama di Sumsel yang disuntik vaksin Covid-19. Bersama Kapolda Sumsel Irjeni, Pangdam II Sriwijaya Mayjen, Kasdam II Sriwijaya, Danrem O44 Gapo, Herman Deru melakukan vaksin di Puskesmas Gandus, Kota Palembang, Kamis (14/1/2021).

Sesuai prosedur terdapat beberapa tahapan yang dilalui saat menerima suntikan vaksin COVID-19, antara lain pemeriksaan tekanan darah, wawancara riwayat penyakit dan kondisi tubuh oleh tim kesehatan.

Baca Juga:

Usai penyuntikan, Herman mengatakan tidak merasakan apa-apa. ” Ternyata yang selama ini menjadi pertanyaan masyarakat tentang apa rasanya di vaksin. Saya sampaikan bahwa tidak ada rasa sakit, hanya seperti disuntik biasa,” kata Herman.

Melalui vaksinasi tersebut Herman berharap Sumsel dapat segera lepas dari Pandemi COVID-19. Dia juga meminta agar vaksinasi dilaksanakan di tengan-tengah masyarakat, di tingkat pelayanan kesehatan paling bawah yaitu di puskesmas – puskesmas.

“Semua ini untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksinasi ini bukan hanya untuk golongan tertentu melainkan untuk seluruh masyarakat,” ujarnya.

Herman menegaskan agar masyarakat mengikut anjuran pemerintah untuk melakukan vaksin. Dia juga meminta masyarakat mudah percaya dengan hoaks yang beredar terkait vaksin COVID-19..

“Vaksinasi ini wajib, tidak ada alasan untuk menolak kecuali kondisi kesehatan yang belum memenuhi syarat penyuntikan vaksin ini,” ucap dia