Mutasi Pejabat, Bupati Sebut Tak Berkaitan Dengan Pilkada

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar melantik 118 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, terdiri dari pejabat struktural dan  kepala sekolah, Jumat (10/11/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Muzakir Saisohar membantah mutasi pejabat struktural di Pemkab Muara Enim, Jumat (10/11/2017) kemarin di Balai Agung Serasan Sekundang disebut-sebut sarat kepentingan menjelang pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang.

Menurut Muzakir, mutasi tersebut dilakukan murni untuk penyegaran, tidak ada hubungannya dengan persiapan menjelang Pilkada mendatang.


Berita Terkait:


“Perombakan ini selain promosi juga bertujuan memperbaiki kinerja dan pelayanan kepada masyarakat, tak ada sama sekali kepentingan Pilkada, tolong dicamkan,” tegas Bupati.

Muzakir mengatakan, sebagian bawahannya ada yang telah menjabat bertahun-tahun namun belum pernah tersentuh rotasi. Karena itu, diakhir masa jabatannya, Muzakir ingin pejabat bersangkutan mendapat pengalaman di tempat kerja serta fungsinya yang baru.

Lebih lanjut, Muzakir menegaskan pelantikan yang dia lakukan juga tidak bertentangan dengan perundang-undangan.

“Dalam waktu 7 bulan ke depan menjelang Pilkada, sesuai instruksi Mendagri, kepala daerah masih berwenang merotasi pejabat, tentunya pelantikan ini juga telah disertai persetujuan Mendagri,” tukas Muzakir.

Terkait isu jual-beli jabatan, Muzakir menjamin hal tersebut belum pernah terjadi di masa pemerintahannya.

“Dalam perjalanan saya memimpin Kabupaten Muara Enim, tidak ada sama sekali mutasi karena jual beli jabatan, kalau ini masih terjadi tolong laporkan ke saya meski lewat surat kaleng dan sebagainya,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim melakukan mutasi terhadap 188 pejabat, terdiri dari pejabat struktural dan  kepala sekolah.

Adapun pejabat struktural berjumlah 71, terdiri 5 pejabat eselon 2, 13 pejabat eselon 13, dan 53 pejabat eselon IV.  Sementara kepala sekolah dilantik berjumlah 117, terdiri 74 kepala sekolah SD dan 74 kepala sekolah SMP.

“Kepada pejabat terlantik, semoga tetap semangat menjalankan kerja, lebih ramah melayani masyarakat dan istiqomah dengan tugas yang diamanatkan,” tutupnya.