Diduga Korsleting Listrik, Satu Rumah Panggung Di Desa Lingga Ludes Terbakar

Rumah milik Denawi di Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim ludes terbakar, Kamis dini hari (28/12/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM– Kebakaran hebat terjadi di Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Kamis  dini hari (28/12/2017). Akibatnya, satu rumah panggung di Dusun 1 setempat ludes terbakar.

Penyebab kebakaran diduga akibat korsleting di sebuah rumah panggung milik Denawi Coboy (52). Denawi menceritakan, saat itu dia tertidur pulas. Dia terbangun saat api mulai membesar, merambah keseluruh ‎ruang tengah lantai atas yang terbuat dari bahan kayu, disertai kepulan asap tebal.


Berita Lain:


“Sekitar pukul 04:30 pagi WIB. Saya mendengar ada suara seperti api membakar sesuatu. Namun saya kira suara tersebut beras dari rumah tetangga. Karena suara itu tak kunjung berhenti, saya keluar kamar dan melihat api telah membakar bagian atas ruang tengah disertai kepulan asap hitam pekat,” kata Denawi saat diwawancarai awak media usai kejadian.

Dia kemudian berteriak memanggil tetangga dan keluar rumah menyelamatkan diri. “Saya keluar rumah dan meminta pertolongan warga, serta berusaha menyelamatkan barang-barang berharga lainnya. Namun sebagian dari barang tersebut banyak yang terbakar, hanya tinggal pakaiaan yang ada di badan inilah,” terangnya.

Tak lama kemudian mobil pemadam kebakaran milik PT Bukit Asam Tbk, Dinas PBK Muara Enim dibantu tim pemadam dari PT PAMA dan PT SBS tiba di lokasi, bergabung bersama masyarakat yang sudah lebih dulu berjibaku memadamkan api.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Meski rumah panggung milik Denawi ludes terbakar, namun tidak merambat ke rumah warga lainnya.

Sementara itu Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan yang didampingi Kasubag Humas AKP Arsyad AR melalui Kapolsek Lawang Kidul AKP Yosef Rizal menerangkan pihaknya telah mengamankan lokasi dan mencegah bila ada penjarahan serta membantu korban mengevakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan tim pemadam kebakaran untuk mengumpulkan penyebab kebakaran seperti kabel dan bongkahan lainnya. Dugaan sementara api berasal dari korsleting kabel listrik,” ujar Yosep.