Pestisida Daun Sirsak, Ujanmas Juara Pertama TGG Kabupaten Muara Enim

Kecamatan Ujanmas meraih juara pertama dalam gelaran lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) 2017 tingkat Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Kecamatan Ujanmas meraih juara pertama dalam gelaran lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) 2017 tingkat Kabupaten Muara Enim,  Kamis (21/12/2017) Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Kota Muara Enim.

Ketua tim TTG Kecamatan Ujanmas Yulisman mengatakan, pembuatan pestisida tersebut dilakukan karena dampak negatif yang ditimbulkan pestisida kimia terhadap tanaman atau tumbuhan, sehingga menimbulkan inspirasi untuk membuat pestisida alami dari daun sirsak.

“Pestisida kimia memiliki berdampak negatif terhadap tanaman dan lingkungan, kita kemudian membuat pestisida alami menggunakan 100-200 lembar Daun Sirsak, Rimpang Jerangau, Bawang Putih, Deterjen dan air ,” jelas Yulisman.

Bahan-bahan tersebut, lanjut dia, ditumbuk halus kemudian direndam selama 24 jam. Setelah itu air rendaman disaring. Untuk pemakian ditambahkan 28 liter air dan disemprotkan ke tanaman untuk memberantas hama.

Ramuan pestisida tersebut kata dia, dapat mengendalikan hama wereng coklat serta trips pada cabai.

Sementara itu, Camat Ujanmas Sugiharto Delimpa mengapresiasi pencapaian prestasi Tim TTG Kecamatan Ujanmas tersebut.

“Syukur Alhamdulillah kita bisa juara pertama dalam gelaran TTG 2017. Dengan prestasi ini, kita berharap dapat meningkatkan lagi inovasi masyarakat dalam mengembangkan berbagai teknologi di dunia pertaniaan maupun aktifitas lainnya,” ujar pungkas Sugiharto

Dikatakan Sugiharto dengan adanya inovasi tersebut, para petani akan menghemat biaya operasional, mengingat mahalnya harga pestisida sintetis serta dampak negatif yang ditimbulkanya.

“Mudah-mudahan dengan adanya inovasi ini akan meringankan beban para petani untuk membeli pestisida kimia yang malah pasaran saat ini,” tutup Sugiharto.