Muara Enim Raih Penghargaan SAKIP Dengan Nilai BB

Menteri PANRB Asman Abnur menyerahan penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kepada Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar, Kamis (25/01/2018) di Batam.

PALUGADANEWS.COM, BATAM — Pemerintah Kabupaten Muara Enim kembali menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat BB dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) melalui Asman Abnur.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar di Hotel Radison Golf And Convention Center, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (25/01/2018).


Berita Terkait:


Bupati Muara Enim menyampaikan rasa bangganya dan berterima kasih kepada unsur SKPD serta masyarakat Kabupaten Muara Enim yang telah bekerja dengan baik sehingga Pemkab Muara Enim berhasil mendapatkan penghargaan Sakip dari Kemen PANRB.

“Terima kasih kepada semua jajaran SKPD dan masyarakat Muara Enim yang membantu kami dalam bekerja, sehingga memperoleh nilai BB yang mana ditahun sebelumnya kita hanya mendapat nilai B dan dengan nilai BB kali ini berarti ada peningkatan dari tahun sebelumnya,” ujar Muzakir usai menerima penghargaan tersebut.

Menurutnya keberhasilan Muara Enim meraih nilai BB tersebut adalah berkat komitmen pemerintah daerah untuk terus meningkatkan akuntabilitas kinerja mulai dari tingkat desa, kecamatan, perangkat daerah,  sampai tingkat Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

“Pemkab Muara Enim senantiasa bekerja keras, bekerja cerdas dan meningkatkan kolaborasi perangkat daerah sehingga dapat memberikan hasil yang terus meningkat dan lebih baik dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Selanjutnya Muzakir menerangkan Peningkatan tersebut dapat dilihat dari capaian SAKIP dari predikat CC ditahun 2012 dan 2013, kemudian menjadi B selama tiga tahun yaitu tahun 2014 hingga 2016 dan meningkat menjadi BB di tahun 2017.

“Alhamdulillah tahun 2017 Kabupaten Muara Enim mendapat predikat BB dengan nilai 70,01. Ini sesuai dengan target RPJMD 2013-2018,” terangnya Muzakir.

Muzakir melanjutkan nilai BB yang diberikan Kementerian PANRB membuktikan Pemkab Muara Enim telah memiliki manajemen kinerja yang baik dan dapat diandalkan dan juga beberapa inovasi yang telah dilakukan dalam meningkatkan akutabilitas kinerja.

“Didalam melakukan peningkatan kinerja kita juga menyusun cascading kinerja bagi seluruh perangkat daerah, penerapan sistem aplikasi e-sakip dan penandatanganan perjanjian kinerja eslon II, III dan IV dalam rangka membangun manajemen kinerja yang lebih baik,” tutup Muzakir.

Dalam pemberiaan penghargaan tersebut selain Muara Enim, ada 22 kabupaten/kota yang menerima hasil evaluasi SAKIP dengan nilai BB. Khusus untuk  wilayah 1 meliputi Sumatera, Banten dan Jawa Barat, hanya 9 kabupaten/kota yang mendapat kan nilai BB, salah satunya adalah Kabupaten Muara Enim.