Pemkab Muara Enim Bantu Benahi Lapas

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dan istri Shinta Paramita Sari bersama warga penghuni Lapas Kelas IIB Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Kondisi Lembaga Pemasyaratakan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Muara Enim yang kelebihan kapasitas alias overload  menjadi perhatian serius pemerintah daerah setempat.

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mewacanakan akan menambah ruang baru untuk meminimalkan kelebihan kapasitas tahanan.

Hal ini disampaikan Bupati saat menghadiri peringatan Hari Ibu bersama warga binaan di Lapas Kelas II B Muara Enim, pekan lalu. Muzakir merasa terkejut dengan bertambahnya jumlah warga binaan sehingga kini melebihi kapasitas lapas.


Berita TerkaitLapas Muara Enim Kelebihan Kapasitas


“‎Tahun kemarin kesini baru 800 orang, sekarang sudah 1.000 lebih warga, artinya lapas terus bertambah padat sementara kapasitas belum banyak perubahan,” kata Muzakir.

‎Untuk itu kata dia, pihaknya akan mengupayakan agar Lapas Kelas IIB Muara Enim mendapat penambahan ruang baru. Bupati pun meminta kepala lapas agar segera mengajukan permohonan proposal supaya bantuan bisa diakomodir Pemkab.

“Segera ajukan biar tau berapa banyak bantuan yang bisa kita berikan sehingga memenuhi persyaratan,” lanjut Muzakir.

Selain membantu menambah jumlah ruang, Pemkab Muara Enim juga berencana memperluas fasilitas rumah ibadah yang berada di lingkungan lapas dan membangun sumur bor baru untuk mengantisipasi krisis air bersih‎.

“Musholah akan kita perluas dan ditambah sumur bor baru, Kita ingin semua warga binaan disini senang. Untuk hiburan kita akan bantu satu set orgen tunggal,” tambah dia.

Muzakir menyampaikan, meskipun masa jabatannya tinggal 5 bulan lagi, namun dia mengaku tetap ingin menjalin silahturahmi bersama warga Muara Enim termasuk warga binaan yang berada di Lapas.

Untuk itu,dirinya merencanakan akan tetap menggelar safari bersama warga binaan di Lapas Muara Enim‎ pada bulan ramadhan nanti.