Jalan Cor Beton Batukuning Baturaja Amblas

Jalan amblas

PALUGADANEWS.COM, BATURAJA, (OKU) — Para pengendara roda dua maupun roda empat yang melintas di Jalan Letkol H Mahmud Abu Hasan atau yang lebih dikenal dengan sebutan jalan cor beton Batukuning, Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), harus ekstra hati-hati di lokasi tersebut.

Akibat dari debit hujan yang cukup deras mengguyur beberapa wilayah di kabupaten OKU, Selasa (27/02/2018) malam, salah satu titik jalan amblas tepatnya di lingkungan RT 02 Dusun Talang Air, Desa Kurup Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU.

Berdasarkan pantauan awak media di lapangan, separuh jalan cor beton itu kini sudah ditutupi lumpur sedalam dua meter dan bagian yang amblas sekitar enam meter.

Peristiwa yang terjadi dini hari itu membuat macet arus di kawasan tersebut, bahkan mobil-mobil besar dari arah Lubuk Batang menuju Baturaja atau sebaliknya tidak bisa melintas dari pukul 23:00 WIB sampai pagi hari.

Kondisi jalan tinggal separuh, jika tidak segera diperbaiki, maka jalan itu akan putus. Pasalnya, kondisi jalan yang masih bisa dipakai di sebelahnya juga hampir amblas. Terlebih, banyak kendaraan bertonase besar masih melewati jalan tersebut.

“Amblasnya jalan itu terjadi pada malam hari sekitar pukul 23:00 WIB lantaran gorong-gorongnya tidak mampu menahan derasnya air hujan. Bukan hanya disitu, ada juga jembatan yang roboh di dalam Dusun Talang Air ini,” kata Ketua RT 02, Ngatimin saat diwawancarai beberapa awak medua di lokasi, Rabu (28/02/2018).

Ngatimin berharap agar pemerintah daerah segera melakukan perbaikan jalan tersebut, terutama yang sedang dibangun di pemukiman warga agar tidak menghambat aktifitas masyarakat.

“Dapur rumah saya juga amblas, hewan ternak saya kambing dan ayam juga ikut hanyut terbawa arus akibat hujan malam itu,” tuturnya.

Sementara Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga dan PR OKU, Muzaim saat dikonfirmasi membenarkan kerusakan jalan tersebut.

“Kerusakan jalan baru terjadi semalam. Bentar ya saya rapat dulu,” kata Muzaim mengakhiri pembicaraan.

Sementara Kapolres OKU, AKP NK Widayana Sulandari melalui Kasat Lantas, AKP Chandra Kirana SIK juga membenarkan sudah terjadi jalan amblas lantaran gorong-gorong di bawahnya terbis.

“Kerusakan jalan ini diakibatkan oleh curah hujan yang sangat tinggi pada malam hari sehingga separuh jalan amblas. Jalan ini adalah jalan arternatif menuju Prabumulih-Baturaja atau sebaliknya,” tutupnya.