Panen Raya, Harga Buah Duku Anjlok

Buah Duku.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Buah Duku yang dijual petani di Muara Enim harganya semakin anjlok.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lapangan oleh Palugadanews.com, harga buah duku di tangan petani tadinya mencapai Rp.12.000/kg kali ini sudah menjadi Rp.4000/kg.

Salah seorang pemilik kebun duku Rohman (65) mengatakan, sebelumnya harga buah duku masih cukup tinggi, tetapi itu tidak berlangsung lama dan terus turus drastis seperti saat ini.

“Bulan kemarin masih tinggi harganya mencapai Rp. 12.000/kg, tapi sekarang sudah mencapai kisaran Rp. 4.600-Rp.5000 perkilonya,” ujar Rohman, Rabu (21/02/2018) yang ditemui di kebun duku miliknya.

Sementara itu, Andi (48), pengepul buah duku yang berada di wilayah Ujanmas dan sekitarnya mengatakan, anjloknya harga buah duku tersebut disebabkan karena serentaknya panen buah duku yang berada dibeberapa wilayah lain seperti di OKU, OKUS, OKI, dan sebagiaan daerah Bengkulu dan Jambi.

“Berkurangnya permintaan buah Duku dari Pulau Jawa disebabkan panen buah duku ini serentak dengan beberapa daerah lain, sehingga terjadinya penumpukan di Pulau Jawa karena semua daerah rata-rata mengirimnya ke Jakarta,” ujar Andi.

Menurut Andi, dia biasanya mengirim buah Duku ke pulau Jawa mencapai empat mobil truk, namun saat ini hanya dua truk.

“Sebelum harga anjlok biasanya empat mobil truk lebih mengirim ke Pulau Jawa, tapi sekarang paling banyak dua truk. Bahkan sebagian dari pengepul menjualnya ke wilayah Palembang, Bengkulu, dan Jambi karena membludaknya buah duku yang dikirim ke pulau Jawa,” ujar Andi.