Longsor di Semende, Satu Rumah Warga Rata dengan Tanah

BPBD Muara Enim, TNI-Polri dan masyarakat bergotong-royong membersihkan rumah milik Marwan yang tertimbun tanah longsor.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Longsor di wilayah Semende tidak hanya memutus akses jalan, juga menerjang rumah seorang warga hingga rata dengan tanah di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, karena pemilik rumah tidak berada di tempat. “Alhamdulillah, kami sekeluarga selamat, karena saat kejadian kami sedang tidak di rumah,” kata Marwan, warga yang rumahnya hancur, Senin (5/3/2018).


Berita Terkait: Longsor Di Semende, Aktivitas Masyarakat Terancam Lumpuh


Menurut tetangga korban, Walasri, bencana tersebut terjadi malam hari saat dirinya baru mau tidur. Terdengar suara gemuruh, dan setelah tanah sudah menimbun rumah tetangganya itu.

“Saat itu kami akan tidur, tiba-tiba ada suara gemuruh, tanah campur air sudah menerjang dinding rumah Marwan, hingga roboh,” kata Walasri.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, TNI-Polri serta masyarakat turun ke lokasi untuk membersihkan material longsoran.

“Kita bersama masyarakat bahu membahu membersihkan tanah longsor yang menerjang rumah itu,” kata Kepala BPBD Muara Enim, M Tasman.

Menurut Tasman, pihaknya juga telah memberikan bantuan kepada korban berupa berupa lima sak semen untuk memperbaiki rumah tersebut.

“Tim kita telah menuju lokasi dan memberikan bantuaan berupa semen untuk memperbaiki rumah tersebut,” tutup Tasman.