Muara Enim Raih Penghargaan Special Mention ISNA 2018

Menteri Pariwisata Arif Yahya menyerahkan penghargaan special mention Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018 kepada Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, di Nusantara 2 Hall, ICE BSD, Tangerang, Kamis (3/5/2018).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENI — Kabupaten Muara Enim meraih penghargaan special mention dalam ajang Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018 dari Citi Asia, Inc.

Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Pariwisata Arif Yahya kepada Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, di Nusantara 2 Hall, ICE BSD, Tangerang, Kamis (3/5/2018) kemarin.

Special mention diberikan kepada daerah-daerah yang dinilai memiliki inovasi, gagasan, atau pencapaian yang baik terkait pelaksanaan fungsi pelayanan publik dan pemerintahan daerah dalam mendorong terjadinya perbaikan kualitas hidup masyarakatnya.

Menurut Cahyana Ahmad Jayadi, Founder & Chairman Citiasia, penerima penghargaan ISNA 2018 merupakan daerah-daerah dengan peringkat terbaik untuk 7 kategori penghargaan, yaitu Smart Readiness, Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, Smart Environment.

“Untuk tahun 2018 ini ditambah satu penghargaan yaitu “special mention” yang diraih Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Banyuwangi,” ujar dia.

Dalam proses penilaian, lanjut dia, ISNA 2018 menggunakan berbagai yang berasal dari data capaian pembangunan kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia sejak tahun 2014 hingga tahun 2017.

“Penilaian juga melibatkan data hasil investigasi terhadap exposure seluruh daerah dilebih dari 260.000 artikel pemberitaan yang terdapat di lebih dari 30 media cetak dan elektronik nasional yang dimulai dari bulan Januari – Desember 2017,” ungkap Cahyana.

Proses penjurian, lanjut dia, dilakukan melalui rapat dewan juri yang dilaksanakan pada tanggal 26 April 2018 di Jakarta.

“Pada tahun 2018, kategori penerima penghargaan diberikan berdasarkan kinerja pada dimensi smart city dan kesiapan smart city (smart city readiness),” lanjutnya.

Sementar itu, Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar usai menerima penghargaan mengungkapkan, dari kriteria penilaian menjadi tantangan bagi Muara Enim untuk meningkatkan kinerja dalam tata kelola pemerintahan.

“Muara Enim harus senantiasa mendorong pengembangan dan pengelolaan komponen smart city lainnya, sehingga Muara Enim mampu meraih penghargaan di kategori lain untuk tahun-tahun berikutnya,” ucap dia.