Inovasi Mendorong PTBA Menjadi Maju

Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin bersama para pemenang BAIA 2018. (Foto Dok PTBA)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Inovasi menjadi pendorong bagi PT Bukit Asam (PTBA) untuk terus maju. Hal tersebut disampaikan oleh Arviyan Arifin, Direktur Utama PTBA, dalam gebyar Bukit Asam Innovation Award (BAIA) di Gedung Olah Raga (GOR) PTBA Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Rabu (11/7/2018) malam.

”Berkembangnya PTBA hingga menjadi seperti sekarang, tidak lepas dari inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para senior kita. Inovasilah yang menjadi pendorong bagi PTBA untuk terus maju. Ini yang perlu diingat oleh kita semua bahwa inovasi bisa membawa perubahan yang nyata untuk kita,” ujar Arviyan.

Dikatakan dia, inovasi yang dapat membangun PTBA dan Indonesia bisa diciptakan siapa saja, termasuk mitra kerja dan para pelajar. Untuk itu, melalui ajang Bukit Asam Innovation Awards 2018,  PTBA mendorong para insan-insan PTBA untuk membuat inovasi.

Tak hanya terbatas pada kalangan internal PTBA saja, namun mitra kerja dan para pelajarpun diikutkan pada ajang Bukit Asam Innovation Awards ini.

“Melalui berbagai ilmu, pengalaman, serta teknologi akan menghasilkan inovasi yang dapat mempermudah pekerjaan dan memberikan hal baru. Semoga apa yang kita hasilkan melalui ajang inovasi dapat bermanfaat untuk kita semua dan kemajuan PTBA serta Indonesia,” harapnya.

Meningkatnya para peserta setiap tahunnya, Arviyan optimis para peserta memiliki banyak ide-ide inovasi dan potensi yang mumpuni,  serta daya juang yang tinggi untuk terus berkarya.

”Melihat peningkatan peserta dan inovasi, saya optimis para peserta dapat terus meciptakan berbagai hal baru yang dapat menjawab berbagai tantangan. Melalui inovasi, kita dapat mengembangkan berbagai hal termasuk melakukan improvement pada pekerjaan yang akan meningkatkan produktivitas kerja,” ucapnya.

Acara Bukit Asam Innovation Award (BAIA) 2018 ini menghadirkan MC dari Palembang Yai dan Cek mela serta artis ibu kota, Anji.

237 Karya di BAIA 2018

Ajang Bukit Asam Innovation Awards (BAIA) 2018 ini merupakan ketiga kalinya digelar PTBA sejak 2014. Tahun ini mengusung tema ‘Inovasi untuk Kejayaan Negeri’.

Rangkaian kegiatan BAIA 2018 telah dimulai sejak Agustus 2017. Sebanyak 237 karya inovasi didaftarkan dari seluruh peserta untuk berbagai kategori.

Proses penjurian dilakukan sejak 1 – 9 Maret 2018. Beberapa aspek dinilai pada penjurian ini antara lain originalitas karya, pengurangan biaya dan resiko yang ditimbulkan.

Tim juri melibatkan internal PTBA dan konsultan. Sementara untuk kategori Ilmu Pengetahuan Hayati dan Ilmu Pengetahuan Teknik, melibatkan juri dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Palembang.