SMK Negeri 2 Jalin Kerjasama Kurikulum dengan PT Astra Motor

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM – SMK Negeri 2 Muara Enim dan PT Astra Motor menandatangani perjanjian kerjasama Program Pendidikan Satu Hati yang diimplementasikan melalui Kurikulum Teknik dan Bisnis.

Penandatanganan berlangsung di halaman SMK Negeri 2 Muara Enim, Kamis (30/8/2018) kemarin, disaksikan oleh Koordinator Pengawas SMA/SMK Kabupaten Muara Enim Yanina, serta Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim Zainal Abidin.

Manager Technical Service Astra Motor Sumsel, Ahmad wahyudi mengatakan, penandatangan kerjasama ini merupakan salah satu bentuk peningkatan kualitas terhadap program kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda, sehingga para lulusannya bisa memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri.

“Kita berharap dengan adanya kerjasama ini lulusan SMK Negeri 2 Muara Enim nantinya bisa lebih siap untuk terjun ke dunia kerja,” ucapnya.

Sementara itu Manajer Satu Hati Education Program PT AHM, Gunardi menambahkan, kerjasama ini juga sebagai program link & match antara dunia pendidikan dengan dunia industri.

Di mana setiap lulusan SMK Kurikulum TBSM Honda mendapat kesempatan untuk langsung mengikuti seleksi dan bekerja di jaringan bengkel resmi Honda maupun pabrik Honda.

“Nantinya kerjasama ini diharapkan juga mampu meningkatkan proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Muara Enim. Apalagi, kami tak hanya fokus pada kuantitas tapi juga akan meningkatkan kualitas implementasi Kurikulum TBSM Honda dengan mengoptimalkan pelatihan teknik guru dan siswa,” terangnya.

Didalam memudahkan implementasi Kurikulum TBSM Honda di sekolah, SMK Negeri 2 Muara Enim yang baru menjadi binaan Honda ini mendapatkan 1 (satu) unit sepeda motor, special tools, dan materi ajar dari Honda. Bantuan semacam ini juga sudah diberikan kepada seluruh SMK binaan Honda yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 12 SMK di Sumsel.

Sedangkan Kepala SMK Negeri 2 Muara Enim, Burhanudin SP MSi mengaku bangga menjadi salah satu sekolah yang dipercaya dalam program tersebut.

“Kami mengharapkan program ini menghasilkan ouput yang kompeten serta dapat bersaing di dunia kerja,” harap Burhan.
Dirinya optimis SMK Negeri 2 Muara Enim selama enam bulan ke depan mampu menuju standar bengkel atau laboratorium Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). “Ke depan kami optimis bisa mencapainya, apalagi kami akan didampingi PT Astra,”tutupnya.
IMG-20180830-WA0015.jpg