97 Desa di Muara Enim akan Gelar Pilkades Serentak

(Foto: ilustrasi)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Sebanyak 97  Desa di Kabupaten Muara Enim akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada September  2019 mendatang.

“Ada 97 desa yang tersebar dibeberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim akan melaksankan Pilkades serentak gelombang ke-3 pada tahun 2019, dua gelombang sebelumnya yaitu tahun 2017 dan 2018 telah sukses digelar,” ujar Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani disela-sela sosialisasi peraturan UU tentang Desa dan aplikasi simpapdes di Muara Enim, Selasa kemarin.

Baca Juga:

Sosialisasi ini sendiri bertujuan untuk menerangkan tugas dan fungsi BPD dan panitia pilkades agar paham apa yang harus dilakukan dalam pelaksanaan pilkades serentak ini.

“Dalam sosialisasi ini yang kita undang adalah ketua BPD, ketua panitia pilkades beserta sekertaris dan bendahara, operator desa dengan tujuan agar BPD dan panitia tahu akan tufoksinya dalam menjalankan tugas,” lanjut Emran.

Menurut Emran, dalam proses Pilkades serentak ini semua biaya ditanggung APBD dengan anggaran yang beragam tergantung jumlah mata pilih di desa.

“Biaya Pildes ini murni ditanggung oleh APBD tahun 2019 dengan jumlah anggaran setiap desanya bervariasi tergantung jumlah mata pilih. Pada pildes serentak tahun lalu jumlah anggaran sama setiap desa tidak tepat, karena desa yang besar mata pilihnya lebih rumit dari pada desa yang jumlah mata pilihnya lebih sedikit,” ujar Emran.

Emran berharap proses pildes serentak di Kabupaten Muara Enim dapat berjalan lancar, aman, dan kondusif sehingga tidak memunculkan perpecahan di masyarakat.

“Kita berharap pildes ini sukses dan terlaksana dengan baik, aman, lancar, dan kondusif, jangan sampai memunculkan perpecahan di masyarakat. Hendaknya setelah ditentukan siapa pemenangnya itulah kepala desa bagi desa itu sendiri,” tutupnya.