Lapas Kelas IIB Muara Enim Buka Puasa Bersama Warga Binaan dan Wartawan

Buka puasa bersama Lapas Kelas II B Muara Enim dengan warga binaan dan wartawan.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM —  Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Muara Enim menggelar buka puasa bersama dengan warga binaan, keluarganya dan wartawan, Jumat (31/5/2019), di Masjid Lapas Kelas II B Muara Enim.

Menariknya dalam buka bersama ini Lapas kelas IIB Muara Enim memberikan piagam penghargaan kepada warga binaan yang menghatamkan Alqur’an selama ramadhan.

Baca Juga:

“Bulan ramadhan ini kita memiliki program unggulan yaitu one day one jus. Sampai hari ini sudah dua kali yang mampu menghatamkan 30 jus Alqur’an,” kata Kepala Lapas kelas IIB Muara Enim Hidayat.

Hidayat mengatakan, kegiatan buka puasa bersama yang juga dihadiri keluarga dari warga binaan, bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara pihak lapas, warga binaan dan jurnalis.

Harapannya kata dia, para warga binaan ketika bebas dapat memiliki motivasi menjadi lebih baik lagi dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

“Dengan buka bersama dengan awak media ini juga akan meningkatkan motivasi, karena media adalah mitra kerja dari lapas yang diharapkan ke depannya dapat memotivasi warga binaan setelah bebas untuk jauh lebih baik lagi,” ujar Hidayat.

Menurut Hidayat, para warga binaan ini belum tentu bersalah tapi mereka ada yang memiliki persoalan dengan hukum yang mau tidak mau harus singgah di Lapas Muara Enim.

“Mereka belum tentu bersalah akan tetapi mereka punya persoalan hukum yang harus membuat mereka disini. Oleh karena itu kita disini membuat instrumen atau fasilitas-fasilitas untuk pembinaan baik secara mental maupun cara keterampilan,”lanjut Hidayat.

Hidayat berharap nantinya para warga binaan ini ketika bebas akan menjadi pribadi yang lebih baik dan melupakan semua persoalan hukum yang pernah mereka lakukan serta mampu diterima oleh masyarakat.

“Selamat Idul Fitri semoga kita kembali suci dan kita juga nantinya pada Idul Fitri akan melakukan layanan prima kepada keluarga warga binaan untuk berkunjung serta kita akan meminta back up berupa bantuaan pengamanan kepada pihak kepolisiaan,” kata Hidayat.

Pada Idul Fiti kali ini sebanyak 536 warga binaan akan mendapatkan Remisi. Sementara yang mendapat remisi bebas pada lebaran ini sebanyak 3 orang.