621 Warga Binaan Lapas Kelas II B Muara Enim Terima Remisi HUT RI

Plt Bupati Muara Enim Juarsah secara simbolis menyerahkan pemberian remisi kepada lima orang warga binaan, Senin (17/8/2020) di aula Lapas Kelas II B Muara Enim.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Sebanyak 621 warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Muara Enim mendapatkan remisi. Remisi itu diberikan kepada narapidana dalam rangka peringatan HUT RI ke-75 tahun 2020.

Pemberian remisi ini diserahkan langsung oleh Plt Bupati Muara Enim Juarsah secara simbolis kepada lima orang warga binaan, Senin (17/8/2020) di aula Lapas Kelas II B Muara Enim.

Baca Juga:

Kalapas Kelas II B Muara Enim Herdianto mengatakan, pemberian remisi umum kepada warga binaan di seluruh rumah tahanan, termasuk Lapas Kelas II B Muara Enim penyerahannya dilakukan langsung secara virtual oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly di Jakarta.

“Remisi ini merupakan pengurangan masa tahanan para warga binaan yang berkelakuan baik dan sesuai syarat tertentu, sebagai bentuk penghargaan negara atas perbaikan diri, sikap dan mental warga binaan untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya,” ungkapnya.

Remisi ini, kata dia, bukan hanya sekedar pemenuhan hak oIeh negara kepada para warga binaan, tetapi juga apresiasi kepada mereka yang telah melewati ujian panjang pemidanaan dengan perbaikan kualitas pribadi dan mental serta berkelakuan baik selama masa pembinaan.

“Warga binaan Lapas Kelas II B Muara Enim yang menerima remisi sebanyak 621 orang dengan rincian 608 narapidana dan 8 orang anak yang berkonflik dengan hukum,” lanjutnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim Juarsah dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada narapidana yang mendapatkan remisi ini agar mampu menjadi manusia yang lebih baik lagi serta berguna bagi bangsa dan negara.

“Kami berharap seluruh warga binaan penerima remisi agar dapat menjadi manusia yang berkualitas dan nantinya dapat berperan dalam pembangunan untuk kemajuan bangsa,” harapnya.

Lebih lanjut Juarsah juga mengajak warga binaan yang masih menjalani hukuman agar aktif dalam semua kegiatan yang diadakan sehingga di masa bebas akan mampu berguna bagi masyarakat.

“Mari semua warga binaan untuk turut aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan pihak lapas dan mematuhi seluruh aturan yang ada agar tiba waktu pembebasan nanti para warga binaan siap untuk menyesuaikan diri dengan masyarakat,” ajaknya.