Sehari, 3 Kebakaran terjadi di Muara Enim

Dalam sehari, tiga lokasi kebakaran terjadi di Muara Enim.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Dalam sehari, tiga kejadian kebakaran terjadi di lokasi berbeda di Kabupaten Muara Enim. Pagi ini, Rabu (26//6/2019), sekitar pukul 09:00 WIB kebakaran menghanguskan sebuah rumah panggung milik Ahmad Rosan (60) di Kampung 1, Desa Tanjung Serian, Kecamatan Muara Enim.

Kemudian sekitar pukul 1.30 WIB kebakaran melanda pabrik kerupuk milik Carman (66) di Jalan A. Tohir Komplek Vihara, Kelurahan Pasar III, Kecamatan Muara Enim. Selanjutnya dini harinya terjadi kebakaran di Desa Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang yang menghanguskan rumah milik Dwi Mukti (42).

Baca Juga:

“Tadi malam ada tiga lokasi terjadi kebakaran yang terjadi di Muara Enim dan pagi tadi juga terjadi kebakaran sekitar jam 09:00 WIB di Desa Tanjung Serian, Kecamatan Muara Enim,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (DPKP) Kabupaten Muara Enim melalui Kasi Penindakan dan Kedaruratan Abubakaruddin, Rabu (26/6/2019).

Menurut Abubakar ketiga kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, hanya harta benda dan perabotan yang habis terbakar.

“Untuk kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta. Sumber api untuk dua rumah diduga arus pendek listrik. Sementara kebakaran di pabrik kerupuk api diduga berasal dari tungku sisa pembakaran,” urainya.

Abubakar menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Muara Enim agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap api baik yang bersumber dari listrik, kompor gas, tungku maupun dari sumber lainnya.

“Mengingat saat ini sudah masuk musim kemarau dan kondisi cuaca sudah mulai panas, agar selalu diperhatikan sumber api dari listrik, kompor gas, tungku maupun dari sumber lainnya. Jika mau bepergian cek atau matikan terlebih dahulu,” himbau Abubakar.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Serian Syeh Rusdi (50) saat di konfirmasi di lokasi kejadian membenarkan kebakaran menghanguskan rumah panggung milik Ahmad Rusan (65) di Kampung 1, Desa Tanjung Serian, Kecamatan Muara Enim.

Syeh Rusdi menceritakan, saat kebakaran dia sedang berada di rumah yang berjarak hanya beberapa meter dari rumah korban.

“Kebakaran itu sangat cepat. Api berhasil di padamkan sekitar satu jam setelah mobil pemadam kebakaran dari Pemda dan milik PTBA dibantu warga memadamkan api sehingga tidak merambat ke rumah penduduk lainnya,” pungkasnya.