BKSDM Wajib Mengurusi ASN Sampai Liang Lahat

Sosialisasi Pengenalan Layanan Perbankan, informasi Ketaspenan serta pengenalan produk PT Pegadaian kepada ASN yang akan memasuki usia pensiun 2019-2020, Rabu, (7/8/2019).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Bupati Muara Enim Ahmad Yani melalui Assiten II Pemkab Muara Enim Amrullah Jamalludin menyampaikan tugas dari Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Muara Enim itu tidak hanya mengurusi urusan kenaikan pangkat tapi juga wajib mengurusi ASN sampai keliang Lahat.

Hal itu disampaikan Amrullah pada acara sosialisasi pengenalan layanan perbankan, informasi Ketaspenan serta pengenalan produk PT Pegadaian kepada ASN yang akan memasuki usia pensiun 2019-2020, Rabu, (7/8/2019).

Baca Juga:

“BKSDM itu mempunyai kewajiban mengurusi ASN sampai ke liang Lahat bukan hanya mengurus pangkat ataupun kenaikan gaji pegawai saja,” tegas Amrullah.

Amrullah mengatakan, menyampaikan sosialisasi ini diselenggarakan dengan tujuan agar seluruh ASN yang akan memasuki masa pensiun dan para pengelola kepegawaian pada tiap OPD memahami hak dan kewajibannya sebagai peserta Taspen.

Selain itu, menambah wawasan mengenai lembaga keuangan yang menangani urusan keuangan para PNS yang akan dan yang sudah pensiun.

PT Pegadaian yang juga dihadirkan, kata dia, diharapkan dapat menyampaikan program-program produktifnya yang akan memberikan inspirasi kepada para ASN dalam pengeloIaan keuangannya.

“Kami dari Pemkab Muara Enim mengharapkan agar materi dari program PT. Taspen, PT Bank Mantap, dan PT Pegadaian dapat disampaikan sejelas-jelasnya kepada ASN yang akan memasuki masa purna bakti,” kata dia.

Amrullah juga meminta kepada para peserta agar menyimak paparan dengan baik dan lebih proaktif sehingga semakin paham tentang hak dan kewajiban sebagai peserta Taspen maupun materi yang lain.

Disamping peserta untuk para calon pensiunan, acara ini juga diikuti oleh perwakilan tiap OPD yang membidangi masalah kepegawaian.

“Harapannya peserta yang hadir dapat menyampaikan kepada rekan-rekannya tentang materi yang didapat pada hari ini,” harapnya.

Selanjutnya Amrullah berpesan kepada para PNS yang sampai masa pensiun agar bersyukur karena tidak setiap PNS mendapat kesempatan untuk bisa mecapai batas usia pensiun.

Oleh karena itu, lanjut dia, saatnya nanti Tunjangan Hari Tua (THT) yang didapat pada saat pensiun agar dimanfaatkan secara bijak jangan sampai salah pengelolaan yang akhirnya timbul rasa sesal.

“Kami berharap dengan kegiatan ini saudara-saudara akan memperoleh manfaat dan ilmu untuk bekal menjalani masa purna bhakti. Kepada panitia BKPSDM Kabupaten Muara Enim saya minta agar melayani dan memfasilitasi rekan-rekan PNS yang akan pensiun dengan sebaik-baiknya,” pesan Amrullah.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Romsah menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada PNS mengenai hak dan kewajiban sebagai peserta Taspen serta program-program yang bermanfaat dari Bank Mandiri Taspen dan PT Pegadaian.

“Kegiatan ini diikuti PNS Pemkab Muara Enim yang akan mencapai batas usia pensiun TMT Oktober 2019 – Juli 2020 sebanyak 150 orang dan pejabat yang menangani urusan kepegawaian pada tiap OPD sebanyak 50 orang,” tutupnya.