Jelang Pilkades, Kecamatan Ujanmas Gelar Deklarasi Damai

 Deklarasi damai Pilkades Kecamatan Ujanmas, Rabu (4/9/2019).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM — Pemerintah Kecamatan Ujanmas, Koramil, Polsek Gunung Megang bersama 25 calon kepala desa dari 6 desa di Kecamatan Ujanmas menggelar deklarasi damai Pilkades yang akan digelar serentak September ini.

Deklarasi ini dihadiri oleh Camat Ujanmas Sugiharto Delimpa, Kapolsek Gunung Megang AKP Feryanto, Danramil Ujanmas Kapt Ansori, Ketua BPD, Kades, dan ketua Panitia Pilkades se- kecamatan Ujanmas, Rabu (4/9/2019) di Aula Kantor Camat Ujanmas.

Baca Juga:

Camat Ujanmas dalam sambutannya menyampaikan deklarasi ini untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang dan pasca Pilkades nantinya.

“Siapapun terpilih agar tetap menjaga ketertiban, kenyamanan, dan keamanan di desanya masing-masing. Jangan sampai ada bentrokan antar masa calon. Kami berpesan agar berkompetisi secara sehat, jujur, dan adil hingga terciptanya demokrasi sesungguhnya bagi masyarakat Ujanmas,” ujarnya.

Melalui deklarasi damai ini, Sugiarto meminta para calon dapat mentaati dan mematuhi aturan yang ada. “Deklarasi ini sebagai bentuk bahwa kita siap melaksanakan Pilkades damai. Maka dari itu taati peraturan dan kesepakatan yang telah dibuat bersama,” urainya.

Sementara itu, Kapolsek Gunung Megang AKP Feryanto berpesan kepada panitia Pilkades beserta calon kades agar sampai setelah pilkades ini menimbulkan masalah baru di masyarakat.

“Penyelenggara agar laksanakan tugas sesuai dengan aturan dan kesepakatan yang dibuat oleh panitia bersama calon. Hal ini harus dilakukan sesuai dengan aturan dan kesepakatan yang dibuat karena itu hal itu dibuat sebagai perlindungan bagi penyelenggara sendiri,” terangnya.

Selanjutnya Fery berpesan agar para calon kades benar-benar mengabdikan dirinya untuk masyarakat, hingga nantinya dapat melayani dan mendedikasikan diri pada desa yang dipimpin selama 6 tahun ke depan.

“Jika nanti terpilih juga jangan sampai bersentuhan dengan hukum. Layanan masyarakat dengan sebenar-benarnya. Berkompetisilah secara sehat jangan sampai melakukan money politic, ataupun tindakan mengandung unsur SARA dan lainnya,” kata Fery.

Fery menambahkan, pihaknya konsen mengawal pelaksana Pilkades ini agar berjalan aman, damai, dan kondusif.

“Kita tetap konsen dalam mengawal pelaksanaan Pilkades serentak ini. Polsek Gunung Megang nantinya akan meminta back up juga dari Polres Muara Enim dalam pengamanan,” urainya.

Danramil Ujanmas Kapten Ansori berpesan kepada panitia dan calon kades agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban serta mampu mengendalikan masanya agar tidak terjadi bentrok antar masa ataupun pendukung di masyarakat.

“Kita dari TNI dan Polri bertanggung jawab mengawal keamanan sebelum pelaksanaan maupun pra pelaksanaan Pilkades ini. Maka itu kita berpesan pada para calon kades agar mampu mengendalikan masa dan pendukungnya demi terciptanya Pilkades yang aman, nyaman, damai, dan tentram,” pungkasnya.