Tertinggi di Sumsel, Investasi Muara Enim Tembus 9 Triliun

Plt Bupati Muara Enim dan beberapa kepala daerah di Sumsel saat menghadiri Rakor Investasi 2020 di Jakarta.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Plt Bupati Muara Enim Juarsah menyatakan total nilai investasi di Kabupaten Muara Enim sepanjang tahun 2019 mencapai Rp 9  triliun.  Angka itu kata dia, mengalami peningkatan 36,4% dibanding pada tahun 2018, yaitu sebesar Rp. 6,6 triliun.

“Saat ini, nilai investasi di Kabupaten Muara Enim sudah sangat baik dengan realisasi nilai investasi mencapai Rp 9 triliun pada 2019 atau meningkat sebesar 36,4% dibanding pada tahun 2018, yaitu sebesar Rp. 6,6 triliun. Hal ini menjadi tolak ukur upaya yang dilakukan Pemkab Muara Enim dalam mendorong peningkatan investasi daerah,” ungkap Juarsah saat menghadiri Rakornas Investasi 2020 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Senin kemarin.

Baca Juga:

Juarsah mengatakan, berdasarkan data yang dirilis oleh BKPM RI pada 18 Februari lalu, nilai investasi Kabupaten Muara Enim sepanjang tahun 2019 menunjukkan angka yang menggembirakan.

“Penanaman modal asing (PMA) di Kabupaten Muara Enim menjadi yang tertinggi dari 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan, yaitu sebesar 421.648 dolar Amerika Serikat, sedangkan penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp 336 milyar,” pungkasnya.

Rakornas Investasi 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia di buka langsung Presiden Joko Widodo, dihadiri beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju serta seluruh kepala daerah di Indonesia.

Presiden Jokowi Widodo mengingatkan kepada seluruh kepala daerah untuk proaktif mendatangkan investasi ke daerahnya.

Selain itu, Presiden Jokowi meminta agar tidak mempersulit investor dengan birokrasi yang berbelit. Presiden menegaskan bahwa investasi menjadi kunci utama yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.