Porsiba Bukit Asam Dirikan Sekolah Catur untuk Anak

Dua anak anggota SCBA meraih juara pada kompetisi catur di Palembang dan PALI.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Persatuan Olahraga dan Seni Bukit Asam (PORSIBA) mendirikan Sekolah Catur Bukit Asam (SCBA) anak-anak sebagai wadah pembinaan dan pelatihan anak-anak pada olahraga catur.

Ketua Seksi Catur PORSIBA Iwan Darmawan mengatakan, SCBA didirikan pada awal tahun 2020, berawal dari kepedulian pihaknya untuk membina atlet catur di Kabupaten Muara Enim.

Baca Juga:

Menurut Iwan, saat ini sebanyak 60 anggota yang berada dalan naungan SCBA. Para anggota ini berasal dari wilayah Tanjung Enim dan Muara Enim yang dibagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas A unggulan, kelas B semi-unggulan dan kelas C pendatang baru.

“Semua pembinaan yang dilakukan tidak dipungut biaya. Hal ini sebagai komitmen PTBA untuk mengakomodir anak-anak yang memiliki prestasi di wilayah sekitar perusahaan,” ujar Iwan di kantor SCBA di Gedung Serba Guna PTBA di Talang Jawa, Tanjung Enim, Senin (14/12/2020).

Pria yang hobbi bermain catur sejak anak-anak ini memiliki mimpi Muara Enim ke depan menjadi lumbung atlet berprestasi, khususnya atlet catur.

Untuk mewujudkan impian ini, pihaknya pun tak setengah-setengah dalam melakukan pembinaan. Salah satunya dengan mendatangkan master nasional catur Ruby Tamono sebagai pelatih di SCBA.

Tak hanya itu, SCBA juga menyelenggarakan home tournament yang digelar setiap bulan sebagai ajang penilaian hasil latihan dan peningkatan kelas.

“Peserta terbaik dalam home tournament ini kita berikan apresiasi berupa hadiah pembinaan dan kita ajak untuk latihan di luar sekaligus outbound,” tambah dia.

Selain itu, dalam melakukan pembinaan pihak SCBA juga mendatangkan atlet-atlet catur berprestasi diantaranya grand master wanita Medina Aulia serta tim PON catur putri Sumsel.

Upaya keras yang dilakukan SCBA menuai hasil yang gemilang. Anak-anak yang dibina berhasil meraih juara pada berbagai kompetisi yang diikuti. Diantaranya kompetisi catur di Palembang dan di Kabupaten PALI baru-baru ini.

Di Palembang, dua anak didik SCBA yakni Hanif Alzikrullah meraih Juara I putra dan Arya Prima meraih juara III putra. Kemudian pada kejuaran catur yang digelar di PALIArya Prima meraih juara I putra dan Hanifah Alzairah meraih juara II putri.

Kemudian juara 2 turnamen catur online se-Indonesia serie 3 kategori U-9 atas nama M Ghaly Nabil Sutiawan.

Menurut Iwan keberhasilan yang telah dicapai SCBA ini tak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak, mulai dari Erik Agustian sebagai kordinator bidang olahraga PORSIBA, kemudian Satria Wirawan sebagai Ketua Umum PORSIBA dan pembina PORSIBA Adib Ubaidillah.

“Alhamdulillah, semua saling mendukung dan bersinergi demi kemajuan olahraga di Muara Enim khususnya dan tingkat provinsi serta nasional umumnya,” imbuhnya.

Iwan menambahkan, pihaknya terbuka jika masyarakat berminat untuk bergabung dengan SCBA dengan datang langsung ke Sekretariat SCBA di lantai II GSG PTBA Talang Jawa, Tanjung Enim.

“Keberadaan SCBA ini untuk masyarakat. Saya berharap sekolah ini terus berkembang dan memberikan kontribusi dan menyumbang atlet terbaik bagi daerah dan nasional,” pungkasnya.