Polres Muara Enim Lakukan Program Vaksinasi “Door to Door”

Vasdooor (vaksinasi door to door) yang dilakukan oleh Polres Muara Enim

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Dalam rangka mempercepat proses vaksinasi di Kabupaten Muara Enim serta menindak lanjuti program 100 hari prioritas Kapolri, Polres Muara Enim melakukan trobosan dengan melakukan vasdooor (vaksinasi door to door) atau jemput bola mendatangi secara langsung.

Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipa mengungkapkan gagasan inovasi vasdooor atau vaksinasi door to door ini mempercepatan program vaksinasi dalam membantu dinas kesehatan Kabupaten Muara Enim melaksanakan vaksinasi terhadap lansia dan disabilitas.

Baca Juga:

“Saya memerintahkan Waka Polres Muara Enim Kompol Agung Adhitya P membentuk tim kreasi Inovasi layanan door to door bagi peserta lansia dan disabilitas yang jauh dari fasilitas kesehatan¬† dan puskesmas dengan sebutan inovasi vasdoor yaitu vaksinasi door to door,” ungkap Danny melalui siaran persnya Sabtu (10/04/2021).

Danny mengatakan, tim vasdoor telah diberangkatkan pada Jumat tanggal 9 April 2021 pukul 07.00 WIB untuk ikut serta langsung dalam kegiatan tersebut.

“Tim kita telah ikut serta langsung pada program ini menuju Desa Tegal Rejo dan Desa Keban, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim. Giat ini juga diiringi mobil penyuluhan Sat Binmas dan Ambulan Polres Muara Enim serta dikawal ketat oleh Sat Lantas Polres Muara Enim,” lanjutnya.

Menurut Danny, Polres Muara Enim membantu dinas kesehatan Kabupaten Muara Enim untuk melaksanakan vaksinasi kepada lansia dan disabilitas.

“Giat ini adalah salah satu cara kita membantu Dinkes Muara Enim melaksanakan vaksinasi terhadap lansia dan penyandang disabilitas. Lansia dan disabilitas punya keterbatasan untuk mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas mungkin jauh, mungkin juga tidak ada yang mengantar,” kata dia.

Diterangkannya juga, tujuan dari inovasi ini adalah menjangkau tempat- tempat yang jauh dari lokasi faskes.

“Dengan mendatangi desa-desa yang jauh dari fasilitas kesehatan atau puskesmas dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa membawa warga lansia ini ke tempat lokasi Vasdoor yang telah kita tentukan,” ucapnya.

Terpantau pada giat ini, kegiatan vasdoor di Desa Tegal Rejo sebanyak 10 peserta dari lansia dan Desa Keban Kecamatan Lawang Kidul dengan peserta sebanyak 10 orang. Selain vaksinasi, Kapolres Muara Enim membagikan embako kepada para peserta vaksin.