Warga Muara Enim dan Ujanmas Nikmati Gas Bumi Mulai 2017

Jaringan gas rumah tangga (Foto: energi today)

Jaringan gas rumah tangga (Foto: energi today)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Mulai 2017 warga Kecamatan Muara Enim dan Ujanmas, bisa menikmati gas bumi untuk kebutuhan rumah tangga. Warga di dua kecamatan ini  menyambut antusias program gas rumah tangga yang digulirkan pemerintah.

“Pastinya saya sangat antusias kalau program gas rumah tangga tersebut nantinya akan direalisasikan. Biar gak susah lagi cari gas buat masak yang sering langka,” tutur Surlela (40), seorang ibu rumah tangga warga Desa Pinang Belarik, Kecamatan Ujanmas, Muara Enim, Jumat (04/11/2016).

PILIHAN REDAKSI:

Menurut Surlela, program http://www.palugadanews.com/2016/11/bupati-muzakir-larang-truk-batubara-lewat-jembatan-enim-tiga/gas  ke rumah tangga di Ujanmas merupakan hal yang ditunggu – tunggu terutama oleh ibu-ibu rumah tangga seperti dirinya karena lebih hemat.

“Ibu-ibu rumah tangga seperti saya terselamatkan kalau program ini dijalankan. Karena lebih murah dibanding menggunakan elpiji,” ujarnya.

Selain itu tambah dia,  ibu-ibu tak perlu khawatir lagi kalau terjadi kenaikan dan kelangkaan gas  di agen pengecer. “Susah nian saya kalau gas elpiji sudah langka dan naik harganya,” ungkapnya

Hal senada juga disampaikan warga lainnya, Nurman (42),  saat ditemui palugadanews, Jumat (04/11/2016). “Pastinya mau sekali kalau program ini cepat dilaksanakan,” ujar Nurman.

Namun, dirinya juga berharap agar pemerintah mengutamakan keamanan saluran gas rumah tangga ini. “Keamanan dan perawatan dari saluran gas ini menjadi perhatian utama dari pemerintah agar bisa diantisipasi jika ada kebocoran,”


Tahap Awal 4.000 Sambungan

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berencana membangun jaringan gas rumah tangga sejumlah 4.000 sambungan pada 2017 di Kabupaten Muara Enim dari target keseluruhan sebanyak 32 ribu sambungan.

Pembangunan gas rumah tangga ini tersebar di dua kecamatan, yaitu Muara Enim sebanyak  3600 sambungan dan Kecamatan Ujanmas sebanyak 400 sambungan. Menyusul tahap selanjutnya di Kecamatan Lawang Kidul.

Pada tahap awal proyek jaringan gas rumah tangga ini telah menelan dana sebesar Rp 175 miliar yang berasal dari APBN. Saat ini Pemkab Muara Enim terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat rencana pemasaangan gas kota di Kabupaten Muara Enim,  agar masyarakat mengetahui lebih jauh program jaringan gas rumah tangga.