Tim BRG didampingi Babinsa Koramil Gelumbang Gelar Survei Antisipasi Karhulta

Tim Badan Restorasi Gambut (BRG) didampingi Babinsa Koramil 404-01 Gelumbang melakukan survei titik kanal untuk mencegah karhutla.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Tim Badan Restorasi Gambut (BRG) melakukan survei titik kanal yang akan dilakukan penyekatan untuk mengantisipasi terjadinya karhutlah, Sabtu (27/2/2021). Tim BRG ini didampingi Babinsa Koramil 404-01 Gelumbang.

Danramil 404-01 Gelumbang Kapten Arh Mardin mengungkapkan anggotanya hanya mendampingi tim BRG untuk melakukan survei titik kanal untuk lahan gambut yang ada di wilayah teritorial Koramil Gelumbang.

Survei ini, kata dia, bertujuan untuk mengembalikan fungsi lahan gambut agar dapat meminimalisir terjadinya karhutlah.

“Tujuan kegiatan Tim BRG ini adalah survei titik kanal yang akan di lakukan penyekatan dan nantinya untuk mengembalikan kembali fungsi lahan gambut demi meminimalizir terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutlah) di wilayah teritorial kita,” terangnya.

Dikatakan dia, tim BRG ini berjumlah delapan orang yang berdiri dari tim pusat, provinsi, dan kabupaten.

“Dalam survei ini diikuti oleh dua orang tim dari pusat, tiga orang dari provinsi, satu orang dari Kabupaten PALI, dan dua orang perangkat Desa Putak, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim,” bebernya.

Terkait hasil, kata dia lagi, belum bisa disampaikan karena masih menunggu dari diskusi di pusat. “Terkait hasilnya akan kita diskusikan di pusat yaitu Jakarta setelah itu baru bisa diketahui hasilnya,” pungkasnya.