BKPRMI Wisuda 361 Santri TK/TP Al Quran di Kabupaten Muara Enim

361 santri TK/TPA Kabupaten Muara Enim, mengikuti wisuda kelulusan di Graha PDKT Muara Enim, Sabtu (16/12/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — 361 santri Taman Kanak-Kanak dan Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Kabupaten Muara Enim, mengikuti wisuda kelulusan di Graha PDKT Muara Enim, Sabtu (16/12/2017).

Kegiatan tersebut digelar Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al-Quran (LPPTKA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).


Berita Terkait:


Santri yang diwisuda berasal dari empat kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim yaitu Kecamatan Muara Enim Kota, Ujanmas, Lawang Kidul,  dan Tanjung Agung.

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar yang diwakili Kabag Kesra, Rusdi Hairullah dalam sambutannya menyampaikan, Pemkab Muara Enim mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh BKPRMI.

Menurutnya, upaya yang dilakukan oleh BKPRMI untuk mengentaskan buta aksara Al-Quran sinergi dengan visi Pemkab Muara Enim dalam mewujudkan masyarakat yang agamis.

Dikatakan dia, tahun 2018 mendatang Pemkab Muara Enim akan terus mendukung semua kegiatan keagamaan. Salah satunya akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Muara Enim.

“Tahun depan kita akan menyelenggarakan MTQ tingkat Kabupaten, diharapkan nantinya semua kacamatan dapat mengirimkan kontingennya untuk mengikuti dan meramaikan kegiatan tersebut,” ujar Rusdi saat membacakan sambutan Bupati.

Ditambahkan Rusdi, selain MTQ tahun depan juga akan dilaksanakan kegiatan pelatihan manajemen guru TP/TPA.

“Karena sasarannya adalah guru TP/TPA, maka diharapkan nanti pesertanya adalah ustad atau ustadza yang memang mengajar di TP/TPA,” tambahnya.

Wakil Ketua DPW BKPRMI Sumsel, Syachril mengatakan jika wisuda santiwan/wati merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

Dari sisi kwantitas, kata Syacril, saat ini sudah banyak alumni yang telah diwisuda, namun berharap BKPRMI juga harus meningkatkan dari segi kualitas, sehingga alumni yang diwisuda memang memiliki kemampuan membaca Al-Quran.

“Tidak usah mengejar banyaknya, tapi lebih kedepankan kualitas dan kemampuan anak tersebut dalam membaca Al-Quran,” imbuhnya.

Ditempat terpisah, Ketua DPD BKPRMI Muara Enim, Firdaus mengatakan, wisuda tersebut adalah gelombang kedua pada tahun ini yang diikuti empat kecamatan yakni Kecamatan Tanjung Agung, Ujanmas, Muara Enim dan Lawang Kidul.

“Jumlah santri yang diwisuda hari yaitu 361. Besok akan ada wisuda gelombang ketiga yang dilaksanakan di Kecamatan Lubai Ulu dengan jumlah 400 orang. Total keseluruhan tahun ini berjumlah 1.061 santri yang diwisuda,” papar Firdaus.