Rumah Data Rilis Tingkat Popularitas Cagub Sumsel di Media Sosial

Analisa Rumah Data Indonesia tentang tingkat kepopuleran Cagub dan Cawagub Sumsel di media sosial.

PALUGADANEWS.COM, PALEMBANG — Rumah Data Indonesia melakukan analisa tentang peta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan 2018 di media sosial, Facebook.

Sebelumnya, lembaga asal Bogor, Jawa Barat ini, juga merilis tingkat popularitas calon Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim.

Dalam siaran persnya yang diterima Palugadanews.com, Jumat (9/2/2018), menyebutkan, analisa tersebut dilakukan awal Januari hingga Februari 2018 dengan melihat percakapan yang terjadi diantara warga internet di Sumatera Selatan melalui program R-Chart.

“Kita melakukan pelacakan percakapan warga internet berbasis umur. Tujuannya untuk melihat tingkat keterkenalan para kandidat di warga internet dengan kisaran umur tertentu,” kata Hendra Juansyah, Politic Consulting Manager Rumah Data Indonesia.

Hasilnya, pasangan Azwari-Irwansyah paling polular diwarga internet umur 21-40 tahun. Sedangkan pasangan Dodi-Giri paling popular diumur dibawah 20 tahun.

Kemudian, pasangan Herman Deru – Mawardi Yahya tercatat sebagai cagub dan cawagub paling populer dengan popularitas 38,6 persen. Disusul pasangan Aswari-Irwansyah (25,3 persen), pasangan Dodi-Giri (20,4 persen) dan pasangan Ishak Mekki-Yudha Mahyudin (15,7 persen).

“Inilah peta kekuatan kandidat calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan di Facebook. Gambaran ini merupakan hasil kerja tim masing-masing kandidat. Segala bentuk sosialisasi politik atau promosi  politik yang mereka lakukan di Facebook tergambar di data ini,” lanjut dia.

Hendra menambahkan, hasil penelitian Rumah Data ini sifatnya independen, tidak memihak salah satu kandidat. “Kami hanya membantu memberikan gambaran. Harapannya data ini berguna bagi semua kandidat untuk mengevaluasi kinerja tim media setiap kandidat,” ucap Hendra.