Sepanjang 2015-2017, Pemkab Muara Enim Hasilkan 202 Inovasi Pelayanan Publik

Assisten III Pemkab Muara Enim, Ibrahim Ilyas, saat membuka Workshop Penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2018-2023.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pemerintah Kabupaten Muara Enim mencatat sepanjang 2015 hingga 2017, ada 202 inovasi pelayanan publik yang dihasilkan. Inovasi itu, dihasilkan dari Laboratorium Inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Muara Enim.

“Tahun 2015 sebanyak 79 inovasi, tahun 2016 sebanyak 67 inovasi dan tahun 2017 sebanyak 56 inovasi,” ujar Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, diwakili Asisten Administrasi dan Umum Setda Muara Enim Ibrahim Ilyas saat membuka kegiatan Pembinaan dan Pendampingan Inovasi Pelayanan Publik di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Kamis (08/03/2018) kemarin.

Walaupun demikian, lanjut Ibrahim, Pemkab Muara Enim masih kesulitan untuk mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB).

Pemkab Muara Enim kata dia masih terkendala dalam pembuatan proposal inovasi, sebagai syarat untuk mengikuti kompetisi itu.

“Untuk itu, sebagai bentuk keseriusan Pemkab Muara Enim dalam rangka pengembangan inovasi daerah dan keikutsertaan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2018, Pemkab Muara Enim mengundang tim dari Proyek Transformasi GIZ untuk memberikan pelatihan,” ujarnya.

Sementara itu, Team Leader Transformasi GIZ, Elke Rapp, ditemui disela acara berharap timnya dapat membantu Pemkab Muara Enim menulis proposal inovasi untuk ikut serta dalam KIPP.

Dirinya juga berharap Pemkab Muara Enim dapat menghasilkan inovasi baru yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.

“Kami merasa banyak inovasi yang bisa ditukar atau diadobsi dari daerah lain. Cukup inovasi sederhana, yang penting dapat bermanfaat lebih bagi masyarakat,” kata Elke yang mengaku sudah 17 tahun tinggal di Indonesia.

Disampaikan Elke, sudah hampir semua wilayah Indonesia telah disambangi Transformasi GIZ. Khusus di Sumatera Selatan, ungkapnya, hanya Kabupaten Muara Enim memiliki semangat luar biasa dalam upaya menghasilkan inovasi pelayanan publik.

“Kita ingin Muara Enim dapat menghasilkan inovasi terbaik sehingga juga dapat membantu daerah lain meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan sebuah inovasi,” tutupnya.