Sungai Lubai Meluap, Desa Pagar Gunung Terendam Banjir 

Air sungai Lubai meluap mengakibatkan banjir di Desa Pagar Gunung, Kecamatan Lubai, Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM –Tingginya curah hujan di Kabupaten Muara Enim dalam dua pekan ini membuat sungai meluap. Air dari sungai Lubai mulai naik serta sehingga membuat permukiman warga di Desa Pagar Gunung, Kecamtan Lubai, Kabupaten Muara Enim tergenang, Sabtu (03/03/2018) kemarin.

“Memang kalau musim hujan seperti ini selalu terjadi banjir saat sungai meluap. Banjirnya musiman, jadi warga sudah siap dan antisipasi menghadapi banjir seperti ini,” ujar Kepala BPBD Muara Enim Mohamad Tasman, Minggu (04/03/2018).

Meski luapan air cukup tinggi, lanjut Tasman, aktifitas warga tidak terganggu karena sudah terbiasa sehingga telah menyiapkan perahu di dekat. “Bahkan ada warga yang mencari rezeki menangkap ikan saat banjir terjadi,” terangnya.

Namin, lanjut Tasman, pihaknya tetap berkoordinasi dengan Koramil maupun Polsek di wilayah tersebut, guna mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

“Kita mengimbau masyarakat agar selalu siap siaga. Jika hujan deras berlangsung lama dan berpotensi banjir, segera mencari tempat untuk mengungsi,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan melalui Kabag Ops Kompol Zulkarnain mengatakan, Polres Muara Enim telah menyiagakan personel untuk terus melakukan pengecekan di lokasi banjir.

“Hingga sore tadi, ketinggian air sudah mulai turun yakni 5 hingga 10 sentimeter. Tidak ada kerugian materil dan aktifitas warga masih berjalan normal,” tutupnya.