Kapolres Muara Enim Kunjungi BPBD dan Dinas PBK Muara Enim

Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono dan Kepala BPBD Muara Enim M Tasman, mengecekan sejumlah peralatan yang ada di BPBD Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono didampingi sejumlah perwira utama Polres Muara Enim mengunjungi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran (PBK) Muara Enim, Kamis (5/4/2018) kemarin.

Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono mengatakan kunjungan tersebut untuk berkordinasi penanganan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam di Kabupaten Muara Enim.

“Melalui pertemuan ini nantinya kita dapat berkoordinasi dan bekerja sama ketika suatu waktu terjadi bencana di wilayah Kabupaten Muara Enim, sehingga kedua belah pihak dapat bersinergi satu sama lain,” ujar Kapolres.

Kepala BPBD Muara Enim M Tasman mengatakan pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi dengan instansi terkait dan akan membentuk pos komando penanganan siaga darurat bencana banjir dan longsor di Kabupaten Muara Enim.

“Kita akan berkoordinasi untuk membentuk satgas siaga darurat bencana banjir dan longsor, mengingat wilayah Kabupaten Muara Enim rawan akan kedua bencana itu. Selain itu akan dibentuk juga satgas siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) Kabupaten Muara Enim 2018,” terang Tasman.

Dikatakan Tasman, kedua belah pihak akan mengadakan pelatihan bersama-sama dengan steakhoder terkait sehingga tanggung jawabnya juga bisa diemban bersama-sama.

Setelah melakukan pengecekan terhadap peralatan yang ada di BPBD Muara Enim Kapolres melanjutkan kunjungannya ke Dinas PBK Muara Enim yang berlokasi di depan kantor BPBD Muara Enim.

Kepala  Dinas PBK Muara Enim yang diwakili oleh Kabid Pemadam Kebakaran Aminilludin mengatakan, pihaknya juga akan melakukan koordinasi demi terwujudnya Muara Enim bebas dari asap.

“Kita akan selalu menjalin sinergitas dan berdiskusi dengan semua pihak supaya Muara Enim akan bebas dari gangguan asap jelang Asian Games 2018, sehingga perhelatan olahraga negara-negara asia ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tutupnya.