SMF 2019, 1,5 Ton Ikan Mas Ditebar untuk Warga Muara Enim

Para pemenang Serunya Muara Enim Fisheries (SMF) 2019.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Ahmad Yani melepas 1,5 ton ikan di kolam Retensi Taman Adupura, Kota Muara Enim.

Pelepasan ikan ini dilakukan dalam kegiatan Serunya Muara Enim Fisheries (SMF) 2019 yang diadakan Pemkab Muara Enimm di Kolam Retensi Taman Adipura kota Muara Enim, Minggu (24/2/2019).

Selain lomba memancing, juga diadakan berbagai perlombaan yang diantaranya memasak makanan serba ikan, lomba ikan hias dan lomba ikan cupang dengan mengambil tema “Ajak Gemar Makan Ikan dan Lestarikan Perairan Umum”.

Baca Juga:

“SMF 2019 merupakan sebagai bagian dari Colorful Muara Enim Festival atau COME-Fest merupakan program tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Ajang SMF 2019 jadi ajang festival ke-2 yang dilaksanakan dari total 25 festival yang siap digelar sepanjang tahun ini,” kata Yani.

Festival SMF 2019 kali ini diikuti sedikitnya 450 peserta yang berasal dari Kabupaten Muara Enim, Lahat, Baturaja, Prabumulih, Palembang hingga dari luar daerah seperti Bengkulu, Lampung hingga Jakarta.

“Ajang ini merupakan salah satu bentuk untuk menggali potensi wisatawan yang ada di kabupaten Muara Enim, karena selain masyarakat lokal juga berhasil mendatangkan peserta jauh dari sejumlah daerah,” ujar Yani.

Kegiatan ini, lanjut Yani untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang diharapkan akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan menumbuhkan kreativitas rakyat.

Yani berharap panitia lomba dan peserta lomba untuk menjadi pioner  pioner yang dapat mengajak seluruh
lapisan masyarakat agar dapat mengenalkan budaya lokal serta mempromosikan objek objek wisata yang ada di Kabupaten Muara Enim.

“Saya harapkan melalui kegiatan serunya Muara Enim Fisheies ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke
Muara Enim yang akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan menumbuhkan kreativitas rakyat,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Teguh Sumitro menambahkan, ajang ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian perairan umum.

“Melalui kegiatan ini kita mengajak seluruh elemen masyarakat agar tidak membuang sampah ke perairan umum terutama perairan sungai dan danau, serta saluran air lainnya apalagi sampah yang dibuang tersebut sampah anorganik yang sulit hancur, seperti sampah yang berbahan plastik,” ungkapnya.

Menurut Teguh, Jika lingkungan perairan bersih maka secara otomatis akan berdampak pula pada kenyamanan dan keindahan yang berdampak terhadap keinginan masyarakat luar untuk datang ke Muara Enim dan secara otomastis akan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sendiri.

“Untuk itu sekali lagi saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat mari kita jaga bersama lingkungan perairan di daerah kita masing masing khususnya di wilayah Kabupaten Muara Enim,”pungkasnya.