PTBA Sosialisasi Program Bidiksiba 2019

Peserta program Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam (BIDIKSIBA) tahun 2019.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM —  PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar sosialisasi program Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam (BIDIKSIBA) tahun 2019. Kegiatan itu diadakan di lantai IV Gedung Serba Guna (GSG) PTBA, Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Selasa (30/4/2019) pagi.

Acara tersebut dihadiri Deputi GM UPTE PTBA Mochamad Taufik, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim, Politeknik Negeri Sriwijaya dan Politeknik Negeri Malang, Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Agung dan Muara Enim, kepala desa dan lurah di ring 1 perusahaan, pengurus Periska Bukit Asam dan peserta Bidiksiba tahun 2019.

Baca Juga:

Deputi GM UPTE PTBA Mochamad Taufik dalam sambutannya mengatakan, PTBA kembali akan melaksanakan program CSR pendidikan yaitu program BIDIKSIBA. Program ini berupa pemberian bantuan biaya pendidikan perguruan tinggi untuk lulusan SMA/SMK sederajat berprestasi dari keluarga tidak mampu.

“Melalui program ini PTBA berharap dapat turut serta dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, sekaligus sebagai salah satu upaya penanggulangan kemiskinan masyarakat di sekitar perusahaan,” ujarnya.

Dijelaskan M Taufik, peserta program BIDIKSIBA akan menerima bantuan pendidikan secara penuh sampai lulus kuliah.

Bantuan tersebut meliputi uang kuliah, uang saku, uang pemondokan/asrama, uang buku, asuransi, uang pembinaan, bantuan sarana prasarana belajar berupa laptop, serta biaya tugas akhir.

Calon peserta akan diseleksi dari seluruh siswa-siswi di sekitar lokasi operasi perusahaan yaitu Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE), Unit Dermaga Kertapati Palembang, Unit Pelabuhan Tarahan Lampung, sampai dengan Unit Pertambangan Ombilin (UPO) Padang, dan Peranap Riau.

“Penerimaan peserta program BIDIKSIBA tahun 2019 ini rencananya sebanyak 50 orang. Nantinya akan kami kuliahkan secara gratis di Politeknik Negeri Sriwijaya dan Politeknik Negeri Malang,” jelasnya.

Pihaknya berharap program ini tidak hanya sebagai program tahunan yang di jalankan sebagai kewajiban saja, namun seluruh peserta dapat menerima manfaat dan memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan keluarga, institusi pendidikan hingga kemajuan wilayah Muara Enim, Lahat, dan bahkan mengharumkan nama Indonesia.

“Kepada adik adik calon peserta BIDIKSIBA saya ucapkan selamat berjuang dalam proses seleksi program ini, tunjukan potensi dan kemampuan terbaik kalian, semoga apa yang kalian upayakan senatiasa mendapatkan ridha dan berkah dari Allah SWT,” tutupnya.

Sementara itu, ketua tim pelaksana Program BIDIKSIB Yusril Alamsyah menambahkan, persyaratan calon penerima beasiswa yakni berdomisili di wilayah ring 1, meliputi Kecamatan Lawang Kidul dan Kecamatan Tanjung Agung (Desa Pulau Panggung, Desa Tanjung Lalang, Desa Penyandingan, Desa Seleman, Desa Tanjung Karangan, Desa Tanjung Agung, dan Desa Matas).

Sedangkan untuk Kecamatan Muara Enim, meliputi Desa Tanjung Raja, Desa Karang Raja, dan Kelurahan Air Lintang.

Sementara untuk di Kabupaten Lahat, Kecamatan Merapi Timur yang meliputi Kelurahan Lebuay Bandung, Desa Muara Lawai, Desa Arahan, Desa Banjar Sari, Desa Prabu Menang, Desa Gunung Kembang, serta Desa Sirah Pulau dan Kecamatan Merapi Barat, yakni hanya Desa Merapi.

“Untuk usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 19 tahun 0 bulan atau terhitung akhir Juni 2019, lulus SLTA sederajat tahun 2019. Kemudian pendapatan kotor orang tua/wali tidak lebih dari UMR tahun 2019 yaitu Rp.420 ribu/bulan. Surat Keterangan tidak mampu dari RT/RW yang diketahui oleh kades/lurah, serta syarat penting lainnya,” tambahnya.

Untuk informasi lebih lengkapnya, lanjut dia, dapat menghubungi tim pelaksana Program BIDIKSIBA, satuan kerja (satker) CSR PTBA, Syamsuir dan Weny Yuliastuti, di Jalan Parigi No 1 Tanjung Enim. Batas waktu penyerahan kelengkapan administrasi mulai tanggal 2 -10 Mei 2019, pukul 16:00 WIB.