Sambut Arus Mudik Lebaran, Dinkes Muara Enim Siapkan Tenaga Medis 24 Jam

dr Vivi Mariani, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Muara Enim 

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim telah menyiapkan tenaga kesehatan di pos pengamanan dan pos pelayanan terpadu bergabung dengan TNI – Polri dan instansi lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, dr Vivi Mariani menjelaskan, petugas kesehatan disetiap posko disiapkan minimal enam orang atau lebih.

“Mereka akan bertugas selama 24 jam di 25 posko yang sudah disiapkan dengan sistem sift piket giliran. Per shift-nya sebanyak dua orang,” kata Vivi, Senin (27/5/2019).

Disebut Vivi, tenaga kesehatan yang disiagakan tersebut berasal dari sejumlah puskesmas yang tersebar di Kabupaten Muara Enim. Selain itu, kata dia, sejumlah rumah sakit juga dilibatkan sebagai tempat rujukan untuk kasus kegawatdaruratan.

Selain siagakan petugas kesehatan, di setiap posko mudik juga di siapkan satu unit mobil ambulan yang diambil dari puskesmas terdekat dari lokasi posko.

“Mobil ambulan dipinjam dari puskesmas, karena saat ini setiap puskesmas rata-rata sudah memiliki dua unit ambulan. Sisa satu ambulan lagi siaga di puskesmas,” terang Vivi.

Disamping posko, lanjut dia, sebanyak 22 puskesmas yang ada di Kabupaten Muara Enim juga dibuka selama 24 jam. Baik petugas kesehatan maupun mobil ambulan disiagakan.

“Semua puskesmas buka sebagai bentuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar maupun pemudik yang membutuhkan penanganan medis,” jelas Vivi.