Muara Enim Raih Penghargaan 7 Outstanding Kategori Smart City dari Harian Tribun

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim meraih penghargaan 7 Outstanding kategori Smart Cities dari Harian Tribun Sumsel.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru kepada Bupati Muara Enim Ahmad Yani dalam rangka HUT Tribun Sumsel yang ke-7, Selasa (2/7/2019) malam, di Hotel Excelton Palembang.

“Penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Muara Enim,” kata Bupati Muara Enim Ahmad Yani.

Baca Juga:

Bupati Muara Enim Ahmad Yani mengatakan Gerakan Menuju 100 Smart City diselenggarakan sebagai respon atas gejolak perkembangan digitalisasi di Indonesia dimana gerakan ini bertujuan memilih 100 kabupaten/kota di Indonesia yang akan dijadikan role model smart city.

“Kabupaten Muara Enim terpilih dalam Gerakan Menuju 100 Smart City pada 8 mei tahun 2018. Setelah terpilih, diadakan bimbingan teknis sebanyak 4 kali. Dalam bimbingan teknis tersebut, diadakan review Masterplan Muara Enim Smart Regency dan pencarian quick wins (program unggulan) yang akan ditonjolkan sebagai identitas dan inovasi kabupaten,” jelasnya.

Adapun quick wins yang diperoleh dari hasil berdiskusi dengan seluruh elemen perangkat daerah diantaranya Program MANCE (Muara Enim Center) / SMART BRANDING yang merupakan aplikasi berbasis android yang dijadikan brand informasi tentang kabupaten Muara Enim.

Aplikasi ini kata Yani, dapat dikatakan preface yang memberikan informasi kepada masyarakat maupun tamu yang akan berkunjung ke Muara Enim.

Menu-menu yang ada meliputi berita seputar pembangunan di Muara Enim, lokasi wisata, adat budaya, kuliner, info pelayanan pajak daerah dan pengaduan masyarakat. Selain itu lanjutnya ada juga menu pengaduan masyarakat yang langsung terintegrasi ke aplikasi SPIKM (Sistem Pelayanan Informasi dan Keluhan Masyarakat) Diskominfo dan Lapor SP4N.

“Aplikasi Mance mulai dikembangkan oleh Tim Muara Enim Smart Regency DisKominfo Kabupaten Muara Enim sejak Oktober 2018 dan perdana diluncurkan pada 12 November 2018. Sampai dengan 2019 telah terjadi beberapa kali pembaruan. Aplikasi ini dapat diunduh melalui google playstore pada smartphone android,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yani mengatakan program SiCerdas /SMART GOVERNANCE dimana aplikasi siCerdas merupakan single windows aplication keluaran Dinas PMPTSP yang menggabungkan 4 aplikasi pelayanan penanaman modal dan perizinan di kabupaten Muara Enim.

“Didalam aplikasi SiCerdas ini terdapat aplikasi online perizinan, aplikasi bedah investasi, aplikasi GIS perizinan dan website DPMPTSP. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan publik yang berkualitas di bidang penanaman modal dan perizinan usaha di Kabupaten Muara Enim,” katanya.

Program lainnya, lanjut dia, adalah Rumah UMKMK Gerbang Serasan/SMART ECONOMY. “Rumah UMKMK Gerbang Serasan menjadi pusat inovasi dan pelatihan UMKMK bagi peserta Program Gerbang Serasan, pusat galeri produk unggulan UMKMK di kabupaten Muara Enim, pemberian bantuan modal usaha bagi pelaku UMKMK. Pada tahun 2018, Rumah UMKMK masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik,” tambahnya.

Selanjutnya program Colorful Muara Enim Festival, dimana melalui program ini dapat menjadi sebagai ajang promosi Kabupaten Muara Enim dengan segala potensi yang dimiliki ke dunia luar.

“Dalam program ini kita menggelar sebanyak 25 rangkaian kegiatan yang akan diadakan sepanjang tahun 2019, dan sejauh ini sudah 7 festival yang kita gelar dalam rangkaian Colorful Muara Enim Festival,” katanya.

Ditambahkan Yani, keberhasilan program smart city tidak hanya tergantung pada dikominfo saja tapi tergantung komitmen semua pihak.

“Saya juga berharap ke depan Muara Enim akan memiliki program Satu Data artinya semua data dapat digunakan untuk kepentingan bersama antar dinas, dengan adanya satu data maka akan lebih mudah dalam pengambilan keputusan yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah ataupun untuk perencanaan ke depan,” pungkasnya