Selesai Tugas, Panwascam Kabupaten Muara Enim Resmi Dibubarkan

Sebanyak 60 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Muara Enim berakhir masa tugasnya.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Muara Enim membubarkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Muara Enim.

Pembubaran ini dilakukan dalam acara ramah tamah Bawaslu Kabupaten Muara Enim dengan Bupati Muara Enim di Aula Bawaslu Kabupaten Muara Enim, Senin (8/7/2019).

Baca Juga:

Ketua Bawaslu kabupaten Muara Enim Suprayitno dalam sambutannya mengucapkan terima kasihnya atas kerja sama dan kinerja seluruh Panwascam yang tersebar di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim sehingga proses Pilkada Kabupaten Muara Enim dan Pileg serta Pilpres berjalan lancar dan aman.

“Kami bersyukur kita masih bisa berkumpul dalam pengantar purna tugas bagi seluruh Panwascam. Hal ini kami anggap purna tugas karena memang tugas pengawasan untuk di kecamatan sudah selesai. Tapi kami meyakini dan berharap silaturahim ini jangan putus hanya karena sudah selesai tugas pengawasan,” ungkap Suparyitno.

Ramah tamah ini kata Suprayitno, juga merupakan sarana komunikasi antara Bawaslu beserta jajaran dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

“Ini adalah salah satu sarana komunikasi kita, maka kami sepakat untuk di laksanakannya ramah tamah di kantor Bawaslu Muara Enim sekalian memperkenalkan kepada Bapak Bupati bahwa ini kondisi kantor Bawaslu yang ada di Kabupaten Muara Enim,” ungkapnya.

Suprayitno mengatakan, terkait keberadaan Panwascam yang seluruhnya tersebar di kecamatan di wilayah Kabupaten Muara Enim dibentuk pada November 2017 lalu dalam rangka melaksanakan pengawasan Pilkada 2018 waktu itu.

“Alhamdulillah dengan tugas mereka terlaksana dengan lancar. Maka itu kami Bawaslu masih mempercayakan mereka untuk menjadi pengawas dalam rangka pemilu Legislatif dan Pilpres yang mana artinya mereka sanggup dan kompeten di dalam menjalankan tugas pengawasan ini,” terang Suprayitno.

Suprayitno berharapan ke depan jika memang masih diberi kesempatan agar kembali terjalin kerjasama dalam melaksanakan pengawasan pemilu mendatang.

“Kami berharap ke depan kalau memang masih ada kesempatan kita akan sama-sama lagi melaksanakan tugas pengawasan. Syukur-syukur yang hadir di sini ikut berkompetisi menjadi Bawaslu kabupaten ataupun kita bersama-sama menjadi pengawas kembali di tingkat kecamatan,” harapnya.

Sementara itu Bupati Muara Enim Ahmad Yani dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas pencapaian Bawaslu dalam melakukan pengawasan selama proses Pilkada, Pileg dan Pilpres di Kabupaten Muara Enim.

“Suatu pencapaian yang sangat baik dalam pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Muara Enim dengan tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi dan tidak adanya gugatan ataupun permasalahan besar yang muncul dalam pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Muara Enim,” kata Yani.

Yani juga menyampaikan harapannya pada Panwascam untuk terus aktif ikut serta pada proses demokrasi ke depan mengingat di September mendatang akan diadakan Pilkades serentak di 102 desa dari 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim.

“Kami bergarap kepada seluruh Panwascam agar terlibat dalan proses demokrasi mendatang karena tingkat kerawanan konflik pada Pilkades sangatlah rentan terjadi. Kita berharap agar para Panwas untuk turut serta dalam pelaksanaan Pilkades ini sehingga setelah Pileg dan Pilpres lancar diharapkan Pilkades serentak 2019 di Muara Enim pun lancar,” harapnya.

Diakhir sambutannya Yani mengajak agar untuk memelihara demokrasi yang ada di Kabupten Muara Enim.

“Mari bersama-sama memelihara demokrasi ini karena proses demokrasi ini sangatlah panjang dan Pemkab Muara Enim mengucapkan terima kasih atas partisipasi serta penyelenggaraan Pileg dan Pilpres berjalan lancar di Muara Enim,” pungkasnya.