HUT RI ke-74, Pemkab Muara Enim Beri Santunan untuk Veteran

Pemkab memberikan santunan kepada 56 orang veteran dan 86 orang janda veteran.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM— Pemerintah Kabupaten Muara Enim memberikan santunan kepada 56 orang veteran dan 86 orang janda veteran di Kabupaten Muara Enim.

Kaban Kesbangpol Muara Enim, Andi Wijaya, mengatakan bahwa pemberian santunan ini sebagai bentuk terima kasih atas perjuangan mereka dalam memperjuangkan bangsa dan negara hingga dapat memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-74 tahun ini.

“Rama tamah bersama pejuang veteran Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia dan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan tujuan untuk mengingat kembali perjuangan para legiun veteran perintis kemerdekaan dalam mengusir para penjajah di Bumi Pertiwi ini,” ungkap Andi.

Veteran dan janda veteran ini nantinya akan mendapatkan santunan yang berasal dari Dana hibah APBD kabupaten Muara Enim.

“Total dana yang dikucurkan sejumlah Rp. 264.560.000. Masing-masing veteran akan mendapatkan santunan sebesar Rp. 1.750.000 dan janda veteran menerima santunan sebesar Rp. 1.500.000 per orang. Selain itu juga mereka mendapatkan uang transportasi sebesar Rp.150.000 serta baju seragam veteran sebanyak 15 orang dengan harga Rp.1.050.000,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ahmad Yani dalam sambutannya menyampaikan tema HUT RI ke -74 adalah “dengan semangat Proklamasi 1945 kita dukung kepemimpinan nasional menuju Indonesia unggul demi kelanjutan pembangunan menuju Indonesia yang makin maju dan sejahtera”.

Hal ini kata Yani, memberikan sinyal elemen kepada kita untuk terus meningkatkan eksistensi dan jati diri kita sebagai bangsa di tengah era globalisasi.

“Memperingati HUT RI ke-74 yang dilaksanakan secara serentak diseluruh persada nusantara berupa upacara peringatan detik-detik proklamasi, untuk itu sepantasnya kita merenung dan mengingat kembali apa yang telah kita perbuat terhadap bangsa dan negara tercinta ini,” urai Yani.

Di tengah-tengah kita sekarang ini, lanjut dia, kita berbaur dengan para pejuang perintis Kemerdekaan Republik Indonesia yang merupakan pelaku sejarah Kemerdekaan Indonesia merebut dari tangan penjajah.

“Saat ini mereka semakin lama akan berkurang jumlahnya, tapi harapan sebagai generasi penerus yang telah menerima nilai nilai juang yang mereka korbankan, akan tetap tertanam dalam sanubari masing-masing untuk meneruskan dan mengisi Kemerdekaan ini,” ujar dia.

Untuk mengenang jasa yang para veteran yang meraih kemerdekaan untuk bangsa dan negara, pemerintah telah menetapkan setiap tanggal 10 Agustus diperingati sebagai hari Veteran Nasional.

“Melalui Peringatan Hari Ulang Tahun ke 74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2019 ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Muara Enim untuk terus mengobarkan semangat juang Proklamasi 17 Agustus 1945, untuk Bangsa dan Negara Indonesia tercinta ini,” pungkas A. Yani.

Sebelumnya, upacara detik-detik kemerdekaan RI ke-74 di Kabupaten Muara Enim dilaksanakan sekitar pukul 09:30 WIB dengan inspektur upacara Bupati Muara Enim Ahmad Yani dan Pembacaan teks UUD 1945 dilakukan oleh Ketua DPRD Muara Enim, Aries HB.