6 Pasien Covid-19 Di Muara Enim Dinyatakan Sembuh Setelah Melalui Tes TCM

Ilustrasi

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM  -Sebanyak 6 orang pasien yang  terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Muara Enim dinyatakan sembuh setelah menjalani pemeriksaan tes cepat molekuler (TCM) kedua.

Adapun pasien yang dinyatakan sembuh tersebut yaitu pasien nomor 329, 332, 334, 339, 440 dan pasien nomor 138.

“Untuk pasien terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh dan sehat sebanyak enam orang. Terdiri dari lima orang tenaga medis dan satu keluarga medis,” ujar juru bicara Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muar Enim, Panca Surya Diharta, Jumat (22/05/2020).

Baca Juga:

Pemeriksaan evaluasi kasus terkonfirmasi, kata Panca, diperiksa di laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) HM Rabain dengan metode tes cepat molekuler (TCM).

“Kita berharap sisa lima pasein lagi yang masih dirawat menyusul sembuh dan tidak ada lagi penambahan pasien Covid-19,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Panca, Kabupaten Muara Enim telah memiliki laboratorium dan alat TCM sendiri. Sehingga pemeriksaan pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid 19 sudah bisa dilakukan di Muara Enim.

Panca berharap dengan adanya berita kesembuhan 6 pasien ini, image negatif masyarakat tentang rumah sakit sebagai pusat penyebaran penularan Covid-19 ini agar dapat di klarifikasi guna kebaikan bersama.

“Semoga dengan adanya kabar baik ini akan merubah stigma negatif masyarakat yang menyebutkan bahwa rumah sakit sebagai center penularan Covid-19. Penularan Covid-19 ini terjadi karena tenaga medis terinfeksi virus setelah mereka rehat bekerja melepas masker atau berbisik dengan sesama petugas,” terangnya.

Panca mengutarakan, dari hasil pelacakan yang dilakukan Tim Satgas Covid-19 Muara Enim, tidak ada pasien yang tertular Covid-19 yang terjadi di RS di Muara Enim.

“Hasil pelacakan kita tidak ada pasien rumah sakit yang tertular ataupun ada penularan kepada pasien yang dirawat dan rentan tertular di RSUD HM Rabain, walaupun ada tenaga medis yang positif Covid-19 di Rumah sakit tersebut,” lanjutnya.

“Diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim untuk tetap waspada dan senantiasa mematuhi anjuran pemerintah dan tak lupa atas nama Pemkab Muara Enim kami ucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri1441 hijriah,” imbuhnya.