Kabar Gembira, Upah Harian Lepas Guru Honorer di Muara Enim Bakal Naik

Ilustrasi

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – ┬áKabar gembira bagi guru honorer di Kabupaten Muara Enim. Upah harian lepas mereka mengalami kenaikan di tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Guru dan Tenaga Pendidik Dinas Pendidikan Muara Enim Marsip Agustaf.

“Kita sudah usulkan untuk dinaikan sekarang sedang dalam evaluasi gubernur. Tapi bisa kita pastikan naik, namun terkait besarannya ada dibagian perencanaan,” kata Marsip.

Baca Juga:

Menurut dia, sebanyak 2.000 lebih guru dan pegawai honorer di Kabupaten Muara Enim yang berstatus pekerja harian lepas (PHL) akan menerima upah melalui dana APBD Pemkab Muara Enim tahun 2021 ini.

“Tahun ini kuotanya tetap sama seperti tahun kemarin lebih kurang 2.988 guru dan pegawai baik sekolah negeri maupun swasta akan menerima upah harian lepas. “jelasnya, Kamis (14/1/2021) saat disambangi di ruang kernya.

Terkait kriteria penerima masih dengan tahun lalu yaitu minimal 12 jam pelajaran yang diajarkan dan mata pelajarannya linier. Kemudian minimal sudah honor selama dua tahun. Sedangkan pegawai tergantung jumlah siswanya terkait kuota yang menerima.

Sementara itu, Kasubag Perencanaan Diknas Muara Enim Yoan menambahkan, pihaknya telah menerima evaluasi dari gubernur dan hasilnya kenaikan upah PHL tersebut disetujui.

“Alhamdulillah kita sudah menerima hasil evaluasinya dan bisa kita pastikan upah PHL untuk guru dan pegawai honorer di lingkup Diknas Kabupaten Muara Enim naik. Terkait angkanya kalau secara global lumayan besar. Namun personalnya masih melihat jumlah kuota yang ada di GTK,” pungkasnya.