Dinsos Muara Enim Bantu Kursi Roda dan Kaki Palsu untuk Difabel

Penyandang Disabilitas menerima bantuan kursi roda dan kaki palsu dari Dinas Sosial Muara Enim.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Dinas Sosial (Dinsos) Muara Enim menyerahkan bantuan 20 kursi roda dan 3 kaki palsu bagi Penyandang Disabilitas.

Sekretaris Dinas Sosial Muara Enim Zulchaidir mengatakan, penyerahan bantuan alat kursi Roda dan kaki palsu kepada penyandang disabilitas tersebut merupakan program Dinas Sosial kabupaten Muara Enim mendukung Visi Misi Muara Enim Merakyat.

Baca Juga:

Bantuan ini berdasarkan usulan dari ketersediaan anggaran yang ada di Dinsos Muara Enim tahun 2020.

“Untuk tahun ini, kita sudah salurkan 3 buah kursi roda di APBD induk, 20 kursi roda APBD perubahan dan 3 buah kaki palsu untuk Penyandang Disabilitas yang ada di Kabupaten Muara Enim,” kata Zulchaidir, Rabu (2/12/2020).

Para penerima manfaat bantuan tersebut berasal dari Kecamatan Belimbing yaitu dari Desa Cinta Kasih Nuraini (57), Desa Teluk Lubuk Hengki Kurniawan (12) dan Melita (15), Desa Tanjung Mat Ani (72) Sania (62) Duladan (77) Hamcik (72) dan Desa Belimbing Al Rasyd Ramdhan (4).

Menurut Zulchaidir, Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim selama ini sudah menyalurkan bantuan alat bantu kepada penyadang desabilitas menggunakan anggaran APBD.

“Namun, kita kembali menerima usulan yang disampaikan melalui pemerintah desa maupun kelurahan. Kemudian, kita anggarkan dan atas kerjasama dibangun dengan baik bersama pemerintah desa, lurah, dan stakeholder serta masyarakat tersebut bantuan ini dapat tersalurkan,” lanjut dia.

Dikatakan Zulchaidir usulan yang masuk ke pihaknya akan diverifikasi terlebih dahulu sebelum disalurkan.

“Setiap usulan kita verifikasi dan tergantung dengan anggaran yang ada maka bantuan ini disalurkan, serta besar harapan kita kegiatan ini nantinya akan terus dapat ditingkatkan lagi,” terangnya.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan ini Nuraini (57) mengaku sangat senang mendapatkan perhatian ini dari pemerintah Kabupaten Muara Enim.

“Memang sudah lama saya ingin mempunyai kursi roda seperti ini. Namun tidak mampu membelinya, berkat bantuan serta perhatian Pemerintah Kabupaten Muara Enim bisa kami dapat. Alhamdulillah saya memiliki kursi roda, sekali lagi saya ucapankan terimakasih kepada Pak Bupati Juarsah dan Dinsos Muara Enim atas bantuan kursi roda ini,” urai Ibu Nuraini.

Senada dengan apa yang disampaikan Ibu Nuraini, Mat Ani (72) dirinya juga sangat bersyukur dan berterimakasih atas bantuan kursi roda dari Pemkab Muara Enim.

“Saya sudah lama ingin memiliki kursi roda ini, karena saya sudah lama lumpuh pak. Keterbatasan ekonomi kami untuk membelinya. Alhamdulillah ke inginkan saya di ijabah Allah SWT melalui Pemkab Muara Enim memberikan kursi roda ini dan dapat memiliki kursi roda ini,” pungkasnya.