72 Penyuluhan P2EP Siap Dampingi Peningkatan Ekonomi Petani di Muara Enim

Petugas Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (P2EP)

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPHP) Kabupaten Muara Enim menerima 72 orang Petugas Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (P2EP) dari Pemprov Sumsel.

“Kita menerima penyuluh pertanian melalui program P2EP Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 72 orang penyuluh dengan rincian PPEP sebanyak 59 orang, POPT sebanyak 3 orang dan PBT 10 orang,” kata Kabid Prasarana Sarana dan Penyuluhan Dinas TPHP, Yadi Setiadi, Jumat (12/3/2021) kepada wartawan.

Baca Juga:

Menurut Yadi, semua penyuluh ini merupakan kebutuhan bagi daerah mengingat cukup luasnya lahan pertanian yang ada di Kabupaten Muara Enim dan menjaga Sumatera Selatan sebagai provinsi penghasil pangan.

Ke-72 tenaga pendamping penyuluhan pertanian ini disebar ke beberapa desa yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk memberikan bimbingan kepada petani.

Kehadiran pendamping penyuluhan pertanian ini dibutuhkan untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumsel dan Muara Enim khususnya sebagai daerah penyokong sebagai lumbung pangan nasional dari sektor pertanian tanaman pangan.

“Apalagi kita ketahui Sumsel masuk dalam lima besar sebagai daerah penghasil pangan yang membutuhkan keseriusan pemerintah dalam menjaga predikat sebagai lumbung pangan,” ucap dia.

Sementara itu, Kasi penyuluhan Anggi Mahesa Umar menambahkan, sama halnya dengan PPL, peran penyuluh P2EP ini sangat penting.

“Penyuluh P2EP ini sama dengan PPL. kalau PPL itu ASN sedangkan P2EP tenaga penyuluh yang dimiliki dan dibiaya oleh provinsi. Intinya kedunya sangatlah penting dan akan mengawal program atau kegiatan secara maksimal dari Dinas TPHP Muara Enim,” kata dia.